Yang Layak Viral Dari Beauty and The Beast

(Source: IMDb.com)

Setelah beberapa pekan bertengger di layar bioskop, film Beauty and the Beast (BaTB) akhirnya turun layar juga. Pada waktu awal rilisnya, sempat ramai kabar soal wacana pemboikotan film ini oleh sebagian pihak. Kabarnya sih, karena BatB ini menyisipkan unsur LGBT. Sosial media pun ramai oleh peringatan untuk tidak menonton film ini, terutama bagi anak-anak.

Continue reading

Review: Perpustakaan Kelamin – Buku dan Kelamin dalam Pertaruhan

Perpustakaan Kelamin: Buku dan Kelamin dalam Pertaruhan
Perpustakaan Kelamin: Buku dan Kelamin dalam Pertaruhan by Sanghyang Mughni Pancaniti

My rating: 1 of 5 stars

.

“Ketika Tuhan meniupkan ruh padamu,
Dia simpan pada tiga tempat:
Akalmu, hatimu dan kelaminmu.
Tinggal kau yang putuskan,
Mana yang akan kau utamakan…?”
-Emha Ainun Nadjib-

Kelamin dan perpustakaan, nafsu dan akal pemikiran, sungguh dua hal yang bertolak belakang. Kelamin yang berada dalam lingkup sex, tidak dipungkiri mempunyai citra eksklusif yang “kotor”. Sedangkan perpustakaan dan buku-buku merupakan ilmu pengetahuan, sebuah simbol peradaban suci nan agung, bahkan kalau pun perpustakaan tersebut berisi segala buku tentang sex, ia tetaplah pengetahuan. Paradoks memang.

Itulah kenapa saya tertarik dengan premis yang ditawarkan oleh buku ini. Perpustakaan dan kelamin dalam pertaruhan. Menarik sekali bukan, membahas kelamin yang “kotor” dan ilmu pengetahuan yang “suci” sekaligus? Sepenting apa kelamin dibandingkan ilmu pengetahuan? Relakah kita mengorbankan kelamin demi ilmu pengetahuan? Kelamin yang pembahasannya selalu dianggap tabu dan menjijikan, rupanya tak terbayangkan juga jika kita sampai kehilangan keberadaannya. Tetapi demi kelamin, relakah pula untuk kita mengorbankan ilmu pengetahuan? Continue reading

Danur: Sebuah Pertanda Mistis

Source : rappler.com

Aroma melati dan kemenyan biasanya sering dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat mistis. Jika tiba-tiba muncul aroma keduanya, konon itu merupakan pertanda keberadaan mahluk halus. Nah, jika bau amis? Saya kira itu cuma berlaku di pasar ikan. Rupanya bau amis juga merupakan sebuah pertanda mistis.

Lewat film Danur yang sempat saya tonton hari Sabtu lalu inilah saya tahu soal perkara bau amis ini.

Continue reading

Paket Makan Komplit di Sofa CCR

img20170209131227

Mau makan di luar sambil nongkrong bareng temen, tapi tanggal udah tua. Mau bikin acara, tapi budget konsumsi minim. Yang satu pengennya ngopi-ngopi, yang satu pengennya makan berat. Hhh…bingung juga ya. Apalagi pas ditanya mau makan apa dan dimana, jawabannya malah “terserah”. Oke, kalau situasinya seperti itu, langsung aja meluncur ke Sofa Coffee, Cake & Resto (CCR). Kenapa?
Karena… Continue reading

Kreatif Itu Asyik: Corat-Coret, Juhat-Jahit dan Ide Kelulusan SMA yang Unik

Setiap momen kelulusan SMA, pasti ada aja yang suka corat-coret seragam pakai cat pylox atau spidol warna-warni. Banyak yang mengecam aksi ini, karena hanya dianggap euforia dan selebrasi sesaat yang tak begitu bermanfaat. Daripada rame-rame saling ngotorin seragam pakai tandatangan, ucapan perpisahan dan nama-nama genk yang suka mangkal di kantin sekolahan gak jelas kayak gitu, mending sujud syukur, sungkem sama guru, kepsek dan orangtua, terus sumbangin deh seragamnya buat adik kelas yang membutuhkan. Jreengg, lalu jadilah anak yang berbakti pada nusa dan bangsa!

Eh, tapi emang harus banget kayak gitu? Meski cuma selebrasi, lulus SMA juga kan cuma sekali seumur hidup? Gak boleh ya, mengekspresikan kebahagiaan lewat corat-coret baju? Seragam juga punya kita, terserah kita donk mau diapa-apain juga.

Hm… oke, oke. Jangan tawuran, plis.

Jadi ya, pertama-pertama saya mau berbagi cerita buat adek-adek SMA dan juga para orangtua atau guru yang anti vandalisme macam itu. Siapa tahu kalian jadi terinspirasi hehe.  Continue reading

Review: Lelaki Harimau

Lelaki Harimau
Lelaki Harimau by Eka Kurniawan

My rating: 5 of 5 stars

 

Tak seorang pun pernah mendengar seseorang membunuh dengan cara seprimitif itu. Ada dua belas pembunuhan yang mereka kenal sepanjang sejarah kota, dan mereka mempergunakan golok atau pedang. Tak ada pistol, tak ada keris, apalagi gigitan. (…)
Pikiran itu datang sekonyong-konyong, semacam wahyu cemerlang yang meletup di otaknya. Ia bilang ada isi di dalam tubuhnya, sesuatu yang tak sekadar jeroan usus, yang menggelosor keluar dan dan menggerakkan seluruh raganya, mengendalikannya dan mengajak dirinya membunuh Anwar Sadat. (…)
“Bukan aku,” kata Margio tenang dan tanpa dosa. “Ada harimau di dalam tubuhku.”

Bercerita tentang kehidupan masyarakat pinggiran, tersebutlah Margio, seorang pemuda baik, namun pemurung. Suatu hari ia dipergoki berlumuran darah, namun tak terluka. Malah, ditemukan mayat Anwar Sadat terkapar dengan leher hampir putus. Beberapa hari sebelumnya, Margio baru saja ditinggal mati Komar bin Syueb, lelaki yang amat dibenci Margio yang juga merupakan ayahnya sendiri. Ia bergembira dengan berita kematian itu. Kini ia, ibu beserta adiknya bisa hidup dengan damai. Lantas, apa yang kemudian menyebabkannya melakukan pembunuhan sadis, terlebih pada ayah gadis yang disukainya itu? Continue reading

Mengintip Dunia Sukab Bersama SGA

csng03hukaaxh1s-jpg-largeBagi yang memperhatikan dunia sastra Indonesia, nama Seno Gumira Ajidarma (SGA) tentu sudah tidak asing terdengar. Tulisan-tulisan beliau sudah sangat sering berseliweran di koran-koran nasional. Cerpen dan essaynya sangat khas dengan tokoh bernama Sukab.  Dalam rangkaian acara Pekan Literasi Kebangsaan yang bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, tepatnya pada hari Selasa, 06 Desember 2016, SGA berbagi kisah tentang kumpulan cerpennya dari periode tahun (1985-2014) yang berjudul Dunia Sukab. Continue reading