Dibalik Nama Fa

Yah, para viewers bisa tengok di kotak gravatar sebelah kanan atas, disana ada deskripsi yang saya tulis tentang “Fa itu…ya Fa!”. Nah, ada kaitannya dengan post kali ini, yang saya sengaja buat dengan asumsi siapa tahu pada penasaran nih awal mula Fa itu gimana, dengan statusnya yang urang Sunda gitu…punya nama pake huruf “F”. Hihihi… Tapi jangan khawatir, saya tidak akan mencantumkan teori big bang, evolusi darwin atau proses penciptaan manusia versi Al-Qur’an. Puyeng tau! Intinya mah, gimana awal mula saya bernama Fa, hehe.

Lahir di Kuningan Timur, tepatnya desa Cibingbin (tenang, yang gak tau Cibingbin bisa cek google map, ahaha) pada bulan Mei, katanya saya adalah bayi yang sehat (hehey). Menurut cerita nenek saya, pada waktu itu si mamah dan si bapak berembuk untuk kasih nama ke saya yang masih anonim (ya iyalah?). Ada banyak saran dari para sesepuh, kerabat, juga tetangga, namun sepertinya saran mereka langsung di tampik, pik, pik..sama si mamah haha. Sebelumnya, teteh saya diberi saran nama oleh si uwa. Mungkin karena waktu itu anak pertama, si mamah dan si bapak masih agak bingung jadi langsung di iyakan saja saran si uwa itu. Dan seperti itulah, teteh saya bernama Euis. Euis? Ya, sunda banget kan? Selama ini saya belum pernah punya kenalan orang Jawa, Padang atau Batak yang namanya Euis. *towew*
Si nenek cerita, “waktu itu teh, bapak kamu udah bikin serangkaian daftar nama buat kamu. Tapi semuanya teu disatujuan ku mamah kamu”. Hahaha, jadi penasaran. Emang namanya kayak gimana sih sampe ditolak semua sama si mamah? Dan ketika si nenek menyebutkan satu persatu nama-nama perempuan yang sering saya dengar di lingkungan orang keturunan Arab-Betawi, otomatis saya ngakak gak karuan. Bukan karena namanya (semuanya dari kata bahasa Arab, bagus-bagus artinya), tapi karena alasan penolakan dari si mamah yang kocak abis.  Cuma sedikit sih, yang saya inget :

  • Salamah
    Bapak : artinya keselamatan, ini nama salah satu istri Rasulullah, beliau itu bangsawan Arab terhormat dan cerdas.
    Mamah : bagus sih, pak. tapi entar kalau di panggilnya si Amah gimana? *waktu itu ada orang gila di sekitar komplek namanya Amah*
  • Khadijah
    Bapak : yang ini juga istri Rasul, pasti udah tau kan? Terkenal banget beliau ini…
    Mamah : justru karena terkenal kan jadi pasaran, pak. Itu kerabat juga namanya si Ijah…
  • Rodiyah
    Bapak : ini aja gimana? *lupa deskripsinya apa*
    Mamah : jadi nanti mamah di panggil bu Erod, donk?

dan masih banyak lagi, saperti Fatimah, Maimunah, Ruqayyah, de el el…

Asli gak nyangka si mamah bakal ngasih alesan-alesan kayak gitu, huahaha. Padahal banyak temen yang pake nama itu, tapi ngebayangin kalau beneran jadi nama sendiri kayaknya aneh dan awkward gimana..gitu.

Entah dapet pencerahan dari mana, si mamah ngajuin nama Syifa. Si bapak langsung setuju, udah mentok kayaknya ditolak terus =P. Kemudian mereka mengadakan research, kira-kira nama panjang apa yang cocok buat si Syifa ini. Lalu jadilah nama lengkap saya.

Sepertinya karena ortu saya emang suka sama bahasa Arab (gak kayak anaknya ini +_+), jadinya ya nama saya seperti itu. Gak ada hubungan sama lidah urang Sunda sebenernya, haha. Tapi keren kan? Urang Sunda punya nama pake huruf F? Diulang-ulang lagi, heuheuy…

Tapi tetep aja, urang Sunda ya urang Sunda. Om, sepupu, bibi, uwa, dkk kalau manggil saya pasti “Pa”… T.T Untuk itu saya tekankan dengan membuat alamat blog ini fa fuer immer fa, yang artinya fa selamanya fa. Ya iya atuh, nama saya di akte kan pake huruf “F”, kalau gak mau dibiasain dan terus-terusan manggil pake huruf “P”, tolong siapkan untuk saya perayaan syukuran bubur merah-putih yang meriah buat di hadiri seluruh masyarakat yang sudah mengenal saya, termasuk para viewers! Huahahaahaha… =D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s