Pose Lorentz “Tiga Jari” (Nostalgia Putih Abu Lagi!)

Guten Tag.. Wilujeng siang.. Udah lama vakum cleaner nih, eh vakum ngeblog maksudnya hahaha…

Saya mau review foto jadul waktu SMA lagi ah…

Oh iya, sebelumnya saya mau nanya nih. Kalau misalnya teman-teman difoto, biasanya suka sambil pose kayak gimana? Eh, tapi ini foto nonformal ya, maksudnya. Kalau foto buat KTP, ijazah atau buku nikah kan gak bisa pose tuh, apalagi kalau pengennya pose kayang kan jadi gimana…gitu. XD

Survey saya nih, kebanyakan orang-orang kalau difoto pasti posenya sambil gini :

1348638108_peace-sign-coloring-pages-31 Iya, ini adalah Peace Sign alias lambang damai. Gak ngerti deh kenapa dinamain begitu, padahal kalau emang iya tanda damai bisa gak ya, pas di peperangan terus ngacungin dua jari kayak gini, terus damai deh gak jadi perangnya? *dibom Israel*

Well, setahu saya ini asalnya dari komunitas Reggae, Rastafara, Hiphop gitu deh.

Terus sempat jadi prototipe pose fotonya orang-orang Asia, kan banyak tuh foto anime, otaku, seleb Korea, siswi-siswi SMA Jepang yang sok-sok kawaii yang pake pose ini. Emang menjamur sih, jujur saya juga sering pose kayak begini haha.

Lama kelamaan selebriti Hollywood juga banyak yg berpose peace sign ini. Mau pas kepergok paparazi di jalan, di bandara, foto bareng fans, foto pribadi, sampai red carpet event pun terkadang ada aja yang pake.

Nah, salah satunya yang sering pose peace itu Miley Cyrus, aktris sekaligus penyanyi jebolan Disney yang terkenal lewat serial Hannah Montana.  Sampai-sampai nih, sebuah artikel di http://www.trendrabbit.com menyebutkan Miley sebagai salah satu dari 3 “Most Annoying Celebrity Signature Pose”.

Hadeuh, ya iyalah kalo keseringan kan orang-orang jadi pada bosen lihatnya... -_-"

Hadeuh, ya iyalah kalo keseringan kan orang-orang jadi pada bosen lihatnya… -_-“

Lah, kok malah jadi posting soal seleb? Katanya mau review foto SMA? Hehe, sabar.. Ini dia :

Posenya pake tiga jari semua lho...

Posenya pake tiga jari semua lho… Dari pojok kiri atas – balik lagi ke kiri bawahnya : Nugie, Shinthya, Aan, pak Udin, Riyan, Elsi, Aul, Hanifah, saya, Hima, Nike, Cicih, Cindi, Ita R, Alma, Nu’ai, Komariyah, Andi, Roro, Elma, Ajeng, Ita P, Esti, Ai, Anna, Azzah.

Eits, jangan salah. Ini bukan sembarang pose buat gaya-gayaan doank, ada filosofinya juga.

Jadi, kita yang merupakan anak kelas IPA waktu itu sering banget dihadapkan pada rumus-rumus yang bikin pusing. Nah, karena sulit biasanya kita fokuskan belajar terhadap rumus itu. Tapi biasanya rumus atau hal lain yang lebih sederhana yang sebenarnya jadi patokan untuk rumus yang sulit itu malah terlupakan, terus gimana mau nyelesainnya?

Terbukti banget dalam pelajaran Fisika. Kalau gak salah waktu itu kita sedang mempelajari arus listrik dan medan magnet, pusingnya gak usah ditanya! Saat itulah guru Fisika sekaligus wali kelas, Pak Didi menjelaskan tentang Gaya/Hukum Lorentz. Biar gampang dalam mempelajari rumusnya digunakanlah “kaidah tangan kanan”.

Left_hand_rule

Caranya rentangkan ketiga jari yaitu ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 90° (saling tegak lurus). Jika ibu jari menunjukan arah arus listrik (I) dan jari telunjuk menunjukkan arah medan magnet (B) maka arah gaya Lorentz searah jari tengah (F).

Hm..saya jadi wondering kenapa orang-orang barat sana kalau mengacungkan jari tengah diartikan sebagai F***. Ternyata, gara-gara si Lorentz ini toh? O_o”

Hush!!! Apaan sih ini ngawur lagi deh saya.. Ngerti gak, materinya? Kagak! Haha…

Oke, jadi begitu. Jangan salah paham sama pose tiga jari gaya rocker metal atau kaya di iklan kampanye pemilu partai ya.. “Pilih nomor tiga!” *dipelototin pak Jusuf Kalla sama pak Wiranto*

Oh iya, sebenernya di foto ini kita gak sama Pak Didi tapi Pak Udin, guru Matematika. Pak Didi waktu itu sibuk banget, kalau Pak Udin ya hepi-hepi aja kita ajakin foto bareng hehe. Untungnya beliau langsung ‘ngeh’ diminta pose Lorentz begitu, sip lah.. Tapi menurut saya bapak cocoknya pake pose perkalian deh, pak. Tinggal silangin dua jari telunjuk sambil nyanyi, “tapi tak beginiii…”. *ditimpuk kalkulator*

Dan di foto itu gak ada Beni, kayaknya dia yang waktu itu motoin ya? Terus gak tahu kenapa si Esti pake baju Pramuka sendiri, didepan lagi! Hah, merusak judul nih Esti, masa “Nostalgia Putih Abu featuring Pramuka?” Heeehhh…. +_+”

Last but not least, it was sooo fun! Kaidah tangan kanan bermanfaat banget bagi kita yang waktu itu paling males ngapalin rumus, terus bermanfaat juga buat gaya-gayaan pas foto biar gak monoton hehe. Memori kayak gini nih yang buat kita pengen balik lagi ke masa SMA. Have fun bareng temen-temennya? Iya! Fisika, Matematika, Kimia? Ogah! Lagipula sekarang saya sudah terbebas dari mereka bertiga! Huahahaha..ha..ha..ha.. *ketawa gaya pahlawan bertopeng*

-The End-

Photo credit : Nike Sartika

Advertisements

One thought on “Pose Lorentz “Tiga Jari” (Nostalgia Putih Abu Lagi!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s