Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka, nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Mer…de…ka…
Sekali merdeka tetap merdeka..

Inget sama penggalan lagu diatas? Kapan terakhir kali teman-teman menyanyikan lagu tersebut? Hm..jangankan lagu Tujuh Belas Agustus, lagu kebangsaan Indonesia Raya aja kayaknya udah lamaa banget jadi nostalgia pas SMA, pas upacara bendera hari senin tentunya!

Udah jadi mahasiswa, kapan terakhir kali hormat sama bendera?

Udah jadi mahasiswa, kapan terakhir kali hormat sama bendera?


Mengenai Agustusan nih, kemarin saya sempat dibuat jengkel sama penduduk Indonesia. Eh, tapi gak semua lho, sebagian aja.

Tanggal 17 Agustus kan hari kemerdekaan Indonesia, ya? Berbeda sekali dengan fenomena yang saya temukan pada Agustus-Agustus beberapa tahun lalu, orang-orang ini merayakannya bukan dengan upacara, pawai Agustus, atau lomba panjat pinang, makan kerupuk dan balap karung. Orang-orang ini (yang tercatat sebagai penduduk Indonesia), malah terkesan nyindir dan merendahkan negaranya sendiri. Nah, lho?
“Indonesia belum merdeka”
“Indonesia masih dijajah secara mental dan budaya”
“Indonesia belum merdeka dari kemiskinan”
“Koruptor merdeka untuk korupsi, rakyatnya kerja rodi”
dan masih banyak statement senada yang terpampang di media sosial seperti Facebook dan twitter (ih, udah mah nyindir, di medsos pula).

Dasar orang-orang gak bersyukur! Saya kesal dengan apa yang mereka posting tersebut. Tahu sendiri media sosial itu penggunanya worldwide, apa gak malu ngejelek-jelekin bangsa sendiri kayak gitu? Emang mereka gak semuanya ngerti sih pake bahasa Indonesia, tapi bagaimana dengan negara tetangga, yang jelas-jelas konflik terus sama negara kita sampe sekarang? Kalau udah dihina pihak luar aja, baru ngebela. Huuuuhhhh =P
Padahal orang-orang luar negeri sana (terutama selebriti), pada ngucapin selamat lho buat Indonesia! Contohnya pesepak bola Rio Ferdinand, gitaris band Faber Drive – Jordan Pritchett, band Pet Shop Boys yang kemarin konser di Jakarta, Siwon Suju, Nickhun 2PM, de-el-el… Lah, orang Indonesianya sendiri kok..?

Yah, emang sih kenyataannya kondisi negeri kita seperi itu. Tapi gak usahlah buat kritik asal yang sama sekali tidak membangun. Mereka cuma cuap-cuap aja di medsos, tapi gak mikirin atau berusaha mewujudkan solusinya. Jadi weh, yang lain ikut-ikutan terprovokasi, ngerasa belum merdeka, ujung-ujungnya nyalah-nyalahin pemerintah, demo, rusuh. Wah… =O

Kritik boleh aja, tapi bukan begitu caranya. Jujur nih ya, saya orangnya gak suka dan cenderung masa bodoh terhadap politik. Saya kecewa dengan pemerintah, tapi gak sampe maki-maki di medsos seenak udel gitu (belum tentu juga pemerintahnya merhatiin kan?). Cara saya, mending berunding sama orang-orang yang satu pemikiran dengan kita. Diskusi, kira-kira hal ini tuh baiknya dibagaimanakan. Lalu wujudkan dengan aksi, bisa dengan menyumbang opini lewat artikel di koran atau aktif disuatu forum diskusi, bahkan realisasi langsung. Misalnya, ikut event sosial dan lingkungan. Kan enak dilihatnya?

Terus lagi, soal sejarah. Para pahlawan sama pejuang udah merelakan segalanya untuk kemerdekaan Indonesia. Mau dikemanakan jasa mereka yang amat besar ini, kalau rakyatnya sendiri sekarang malah melecehkan atau seolah memparodikan makna dari merdeka itu? Hargai donk! Kalau fisik kita masih dijajah kayak dulu, belum tentu juga kamu bisa cuap-cuap di medsos! Terus, kalau keukeuh Indonesia belum merdeka, sok atuh gubah lagu-lagu nasional yang ada kata “merdeka”-nya! Berani?

Intinya, jangan cuma kritik tanpa solusi, partisipasi dan kontribusi. Apakah kita sendiri sudah melakukan hal yang membuat negeri ini lebih baik?

Oke, Indonesia! Dirgahayu! Merdeka!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s