The Muslim Show Goes to Indonesia!

Sudah pada tahu kan saya gak suka orang fanatik? Yang omongannya melulu tentang agama, semua hal dikaitkan dengan dalil dan hukum syariat. Well, kalau dari omongan mah udah terlalu mainsetrum, eh mainstream. Banyak orang yang seperti itu, terutama di lingkungan kampus. Hahaha!

Nah, hari Jum’at kemarin saya di ajak teteh saya ke Gramedia. Katanya ada meet and greet penulis komik Muslim Show. Saya sih setuju aja, karena sudah baca juga beberapa komiknya yang tersebar di facebook. Saya tertarik dengan isi ceritanya yang sering menyindir (tahu sendiri saya hobi nyindir =P) perilaku umat muslim, terkadang juga ironi dan nasihat yang di sajikan dalam gambar yang disertai unsur humor. Jadi gak bikin ngantuk dan ngebosenin kayak pas dengerin ceramah atau diskusi sama agen bergamis yang suka nyebarin buletin (ooopsss!). XD

Berawal dari 2009, trio komikus Noredine Allam, Karim Allam dan Greg Blondin mulai mempublikasikan komik mereka di blog. Mereka bertiga berdarah Perancis. Allam bersaudara memang di besarkan di lingkungan keluarga Muslim, tapi menariknya Greg Blondin sendiri merupakan non muslim. Meskipun begitu mereka akrab dan sudah seperti saudara. Dan diantara mereka bertiga, Greg merupakan yang paling narsis. Hahaha..

Dari kiri ke kanan : Karim Allam, Greg Blondin, Noredine Allam

Dari kiri ke kanan : Karim Allam, Greg Blondin, Noredine Allam

Motivasi mereka membuat komik ini sangat tinggi, mereka tidak takut meski Muslim di Perancis erupakan minoritas. Mereka ingin memberi pengaruh serta dorongan positif melalui komiknya. Yang mereka tonjolkan adalah ide cerita, bukan tokoh. Ceritanya mudah dicerna, karena kebanyakan mengambil dari situasi kehidupan sehari-hari masyarakat muslim Perancis. Disana, hubungan antara muslim dan non muslim sebenarnya cukup baik, mereka bisa bertoleransi dan berbaur dalam kesehariannya. Tapi masalah datang dari pemerintah dan media-media Perancis itu sendiri yang selalu fobia terhadap isu-isu tentang umat Islam. Bahkan ketiga komikus ini sempat mendapat masalah karena karya-karya mereka sering diboikot, padahal penggemar mereka sangat banyak. Jadilah mereka beralih ke Facebook agar publikasinya tetap lancar.

Menurut Greg sendiri, gambaran muslim di media Perancis amatlah berbeda dengan kenyataan yang ia lihat. Ia mengaku mempunyai banyak teman muslim dan mereka bersahabat juga ramah. Oleh karena itu, ia merasa senang dan tidak canggung untuk bekerja membuat komik tentang muslim ini.

Pekerjaan mereka dibagi, Noredine membuat story board, Greg sebagai Ilustrator dan Karim di bagian colouring. Greg mengaku sudah hobi menggambar sejak kecil, sementara Karim sepertinya tertarik ke photografi (soalnya dia mondar mandir terus, jepret sana jepret sini), padahal latar belakang pendidikan Karim adalah sarjana ekonomi hehehe. Saya juga sempat gak nyangka kalau ternyata Noredine itu adik Karim, saya kira dia itu kakaknya (soalnya dia tinggi banget!). Sementara Greg, yah…sepanjang acara dia sibuk pose, ngambil selfie, narsis banget!

Pose Greg paling pe-de -_-

Monsieur Karim motoin Monsieur Greg yang banyak gaya nih.. hahaha =D
Monsieur Karim motoin Monsieur Greg yang banyak gaya nih.. hahaha =D

Muslim Show sudah punya hak paten sendiri. Sayangnya ketika ada yang bertanya apakah tertarik untuk membuat Muslim Show versi budaya orang Indonesia, Noredine mengatakan bahwa hal itu sangat tidak mungkin. Alasannya karena mereka tidak tahu latar belakang usli Indonesia seperti apa, kebiasaan mereka serta unsur humor yang tepat seperti apa. Dia bilang, kalau mau silakan orang Indonesia sendiri yang buat. (Nah, loh.. Hayo loh…)

Setelah sesi bertanya selesai, tibalah waktunya sesi tanda tangan. Yang ngantri lumayan banyak! Dan lumayan lama juga, karena mereka gak cuma nanda tangan, tapi sekaligus ngegambar orang yang beli bukunya! Wuaaahhh…

Ngantriiiiii

Ngantriiiiii

Noredine & Greg lagi gambar...

Noredine & Greg lagi gambar…

Besoknya saya diajak ke festival pasar komik di Braga City Walk, dan ternyata ada mereka lagi! Tapi sayang, suasananya kurang kondusif karena tempat terlalu luas dan berisik, sementara sound-nya kelelep. Yah, jadi gak nangkep apa yang mereka omongin deh…

Tapi saya jadi beli salah satu bukunya, yang berjudul “Hidup Bertetangga ala Muslim Show”, jadi kali ini saya mesti ikut ngantri buat minta tanda tangan hehehe…. Dan nuggunya lumayan pegel, berdiri terus. Untungnya saya berada di barisan agak depan. Saya sempat kasihan sama Greg, karena kulitnya putih, kulitnya langsung jadi merah banget gara-gara hawanya yang panas.

Ikut antri juga

Ikut antri juga

Noredine sedang ngegambar muka saya, hehe..

Noredine sedang ngegambar muka saya, hehe..

Voila, sudah jadi! =D

Voila, sudah jadi! =D

Yeay, dapet tanda tangan tiga-tiganya!

Yeay, dapet tanda tangan tiga-tiganya!

Selanjutnya sempat narsis-narsisan bareng Karim dan Greg, hehehe….

Bareng Karim & teteh =)

Bareng Karim & teteh =)

Pose normal

Pose normal

Meleeet

Meleeet

Jangan lupa selfie... =P

Jangan lupa selfie… =P

Merci beaucop, le Muslim Show!

Merci beaucop, le Muslim Show!

Advertisements

One thought on “The Muslim Show Goes to Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s