Curhat Bintang di Lautan #1

Curhat Bintang

Katanya orang-orang percaya akan bidadari yang jatuh dari surga dan menjelma manusia. Bagaimana bisa? Bidadari dan manusia, namanya saja bahkan sangat berbeda. Surga dan dunia, apalagi. Terlalu jauh!

Tapi langit dan samudra, bukankah mereka dekat? Begitu dekatnya hingga para pria berbondong menggandeng bidadari mereka untuk melihat batas pertemuan itu kala senja. Sungguh indah karena dua polesan warna biru yang sama itu dipersatukan oleh kehangatan warna jingga, seolah keduanya berpelukan mesra. Mungkin itu yang manusia sebut dengan romansa.

Kau tahu, aku selalu menikmatinya. Hingga suatu ketika tak sengaja ku dengar bualan-bualan manusia pada kekasihnya,

“Bintang-bintang itu, adalah yang aku lihat saat aku menatap kedua matamu.”

Oh, astaga…

“Aku tahu bintang bersinar terang malam ini, tapi sinarmu lebih menyilaukanku”

Apa?!

Menggelikan. Aku hampir tergelak, tapi omongan mereka membuatku pusing. Aku serasa berputar-putar, sementara manusia-manusia masih saja menunjuk ke arahku. Ugh! Aku ingin berpaling saja dari mereka, sangat tak sopan mengarahkan telunjukmu seperti itu. Aku berusaha bergerak sambil terhuyung.

“Ayah, kenapa dengan bintang itu?” tanya seorang anak kecil, “sepertinya ia akan jatuh?”

“Oh, cepatlah berdo’a nak!” ujar orangtuanya.

“Wah, ada bintang jatuh!”, ujar manusia lainnya. Mereka semakin ribut ketika aku benar-benar kehilangan keseimbanganku. Lalu aku mendengar banyak gumaman. Mereka sedang berdo’a.

“Hei! Apa kalian bercanda? Jangan berdo’a padaku, berdo’a saja pada Tuhan!” aku mencoba berseru, tapi mereka semakin khusyuk memejamkan kedua mata mereka.

“Ya Tuhan, tolong aku!” aku ikut-ikutan berdo’a. Semakin dekat, semakin kudengar isi harapan mereka. Dasar manusia!

“Hei…hei..! Tolong do’akan juga agar aku tak jatuh! Hei…!” teriakku. Mereka malah bersorak, tampak senang dengan kejatuhanku. Langit dan samudra masih saja bercumbu, aku bertanya-tanya apakah lengan samudera mencoba meraihku?

Hal terakhir yang kuingat adalah aku meredup, karena air yang merendamku. Hhh…apa Tuhan cemburu padaku?

One thought on “Curhat Bintang di Lautan #1

Leave a Reply

