Hector and the Search for Happiness : Apa Kamu Bahagia?

Ada satu pertanyaan sederhana : “apa kamu bahagia?”

Hector and the Search for Happiness (2014)

MV5BNTAzNTIyNDYzNV5BMl5BanBnXkFtZTgwNDg1NjYyMjE@._V1_SX214_AL_ Release date : September 26, 2014 (USA)

Director : Peter Chelsom

Running time : 120 minutes

Casts : Simon Pegg, Rosamund Pike, Toni Colette, Stellan Skarsgard, Barry Atsma, Jean Reno

Genre(s) : Adventure, Drama, Comedy

Rating : 6.9/10 (IMDB), 35% (Rotten Tomatoes)

 

Pertanyaan yang sederhana, namun sangat mengganggu pikiran Hector, seorang Psikiater yang menjalani hidupnya dengan teratur bersama Clara, kekasihnya.

Hector, diperankan oleh Simon Pegg

Hector, diperankan oleh Simon Pegg

Selama ini ia merasa menjadi seorang penipu, memberi pertanyaan dan saran pada para pasiennya seolah ia pernah mengalami segala permasalahan yang mereka hadapi. Mau tidak mau, hal ini benar-benar mengusik batinnya. Ia mulai merasa hidupnya yang berjalan mulus dan tertata rapi terasa begitu datar dan hampa. Ia pun mulai bertanya-tanya, apa yang membuat seseorang bahagia?

Lalu ia memutuskan untuk keluar dari kehidupan nyamannya di kota London, ia ingin pergi bertualang ke tempat-tempat berbeda sambil melakukan riset tentang kebahagiaan. Clara yang merupakan wanita cantik dan pintar, namun terobsesi dengan karir dan belum mau mempunyai anakpun sempat salah paham dengan keputusan Hector. Ia mengira bahwa Hector ingin meninggalkannya untuk wanita lain, yang secara kebetulan ia juga telah menemukan foto Hector saat masih kuliah bersama teman dan mantan pacarnya.

Hector and The Search for HappinessTujuan pertama Hector adalah China. Di pesawat, ia bertemu dengan pengusaha kaya raya yang tampak muram dan terganggu dengan sikap ceroboh Hector. Namun pada akhirnya mereka berteman baik, bahkan teman barunya itu mengajak Hector jalan-jalan dan berpesta hingga ia berkenalan dengan seorang mahasiswi sekaligus PSK bernama Ying Li. Disini Hector sempat jatuh cinta padanya. Hector juga sempat pergi mendaki gunung untuk bertemu seorang biksu arif yang melek teknologi.

Hector_and_the_Search_for_Happiness-magnumKemudian ia pergi ke Afrika, sekalian menemui dan membantu teman lamanya yang menjadi relawan di sebuah klinik setempat. Banyak sekali kejadian yang ia alami disini, mulai dari bertemu bos mafia, diculik, sampai sempat dibunuh. Benar-benar pengalaman yang amat jauh berbeda dengan kehidupan biasanya.

Terakhir ia melanjutkan perjalanannya menuju Los Angeles, kota di mana mantan pacarnya tinggal. Namun ternyata mantannya sudah menikah dan mempunyai dua anak, bahkan sedang mengandung yang ketiga. Terlihat bagi Hector bahwa ia tampak berbahagia. Bersama mantan yang kini jadi sahabatnya, Hector diajak menemui seorang professor yang merupakan pakar emosi manusia, tentu saja salah satu diantaranya adalah kebahagiaan. Sementara itu hubungannya dengan Clara sedang mengalami krisis, yang akhirnya membuat emosinya meluap dan terekam pada alat penelitian professor tersebut.slashcomment-hector-and-the-search-for-happiness-02

Film yang ternyata berasal dari novel bestseller karya Francois Lelord ini mempunyai alur sederhana dan mudah ditebak seperti mayoritas film bergenre petualangan lainnya. Tapi karena sederhana dan mudah dicerna itulah, menurut saya yang menjadikan pesan moralnya mudah diingat. Dengan bumbu komedi yang ringan, film ini akan seru jika ditonton bersama keluarga. Ada beberapa yang menyebutkan bahwa ini adalah film Eat, Pray and Love versi laki-laki dan ada juga yang menyandingkannya dengan The Secret Life of Walter Mitty. Well, performa Simon Pegg dalam film ini memang tidak buruk, ia mempunyai karakter khasnya seperti biasa. Namun jika harus membandingkan, saya cenderung lebih suka Walter Mitty yang penuh kejutan.

Tapi satu hal yang penting adalah, tak perlu sesuatu yang rumit dan “wah” untuk bisa membuatmu bahagia. Sesederhana apapun itu, jika kita bersyukur, pasti bisa bahagia. 😀way_of_being1

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s