RoadBlog Bandung : Menuju Jalan Blogging Yang Benar

Awal Mei lalu saya mendapat kesempatan untuk mengikuti acara seminar dan workshop RoadBlog 10 Cities yang diadakan oleh Excite Indonesia. Kota  Bandung mendapat giliran ke-9 dan bertempat di Best Western Premier La Grande Hotel Bandung.

Jujur, waktu itu saya cuma punya modal iseng dan nekat saja untuk daftar acara besar (secara, tempatnya di hotel dan bertabur sponsor ciamik) ini. Riwayat ngeblog saya saya memang suduh cukup lama, namun itu hanya sebagai pemuas hasrat menulis saja. Jadi kalau saya bikin postingan, paling banter pas ada mood dan ide lewat, itu juga pakai automatic publish ke akun sosmed, gak ada wara-wiri sana-sini, apalagi mampir komen sana-sini promoin blog sendiri. Haha, gak ada! Tapi, eh ternyata… Sikap saya sudah mulai agak berubah semenjak diajakin terus untuk gabung dengan komunitas Blogger Bandung. Jadi tertarik untuk berbenah dan rajin nulis, meskipun kayaknya pernyataan ini masih belum hengkang dari level wacana :P. Tapi, hey…saya terpilih jadi peserta Roadblog Bandung, donk! Haha, gak nyangka. Padahal waktu itu pesertanya terbatas, tapi yah…mungkin sudah rejeki saya yang memang punya niat untuk mulai berubah (bukan jadi Power Ranger) ini. IMG_20160514_060954

Jadi, apa saja sih ilmu yang saya dapat dari acara Roadblog Bandung? Buanyaaakkk!!!! Berikut ini ulasan singkatnya.

Pertama-tama, saya check in, eh…maksudnya registrasi sekitar pukul 07.40 WIB. Emang masih pagi banget, tapi itu karena si teteh udah wanti-wanti berangkat lebih pagi biar dapat tempat duduk di barisan depan yang nyaman dan deket sama colokan listrik hehehe. Setelah menunggu beberapa saat, peserta yang lain mulai berdatangan dan sang MC, Kang Raja Lubis langsung nyambit, eh nyambut peserta yang ada di ruangan sambil mengiming-imingi voucher gratis buat yang rajin live tweet.

Wefie sebagai bukti bahwa kami dapet seat yang nyaman :P

Wefie sebagai bukti bahwa kami dapet seat yang nyaman 😛

Setelah ruangan hampir penuh, akhirnya acara dibuka juga oleh ketua Blogger Bandung, yakni Bang Aswi serta pembicara pertama Kang Aldy Terren dari pihak penyelengara Excite Indonesia. Oh ya, dari penjelasan Kang Aldy saya baru tahu apa itu Excite. Ternyata Excite itu semacam platform advertising yang memberi reward bagi penggunanya berupa poin yang bisa ditukar dengan voucher diskon, pulsa dan produk merchant lainnya. Kalau penasaran, langsung cek aja di situsnya atau bisa tanya-tanya dulu via akun twitternya.

Setelah selingan coffee break, saatnya menyimak pembicara kedua, Bpk. Doddy Budiatman, wakil ketua Lembaga Sensor Film Indonesia.

Menurut saya, sesi dari LSF ini adalah yang paling antusias disimak oleh para peserta, termasuk saya. Bpk. Doddy memberikan presentasi yang detail mengenai LSF, serta permasalahan mengenai perfilman Indonesia. lsf

Fokus woy, fokuuusss!!!!

Fokus woy, fokuuusss!!!!

Pembicara selanjutnya adalah Mas Bari dari Traveloka yang menayangkan tiga buah video yang menceritakan bagaimana Traveloka hadir dan menyelesaikan masalah keperluan traveling.

Alur cerita yang dikemas menarik dan lucu membuat saya rileks dan terhibur setelah serius menyimak sesi dari LSF, hehe. Pokoknya kalo ada Traveloka tuh gak usah riweuh, rasanya tenang-tenang aja. Wolesss….

Berikutnya ada Bpk. Nur Kasan dari Pegadaian. Saya baru tau bahwa sekarang Pegadaian bukan cuma tempat buat menggadaikan barang aja, tapi kita juga bisa membuat tabungan emas dengan cicilan yang rendah. Di sesi ini saya gak nyimak sampai selesai, soalnya kepotong izin pengen ke toilet. Hehehe 😛

Karena hari udah siang, sesi pertama berakhir dan kami dipersilakan untuk ishoma dulu. Alhamdulillah, panitia dan sponsor ngasih buffet lunch yang gak tanggung-tangung di De Ville Premiere Restaurant. Tau aja nih ada anak kos yang udah bosen sama Ind*mie :P.Tapi karena pilihan makanannya banyak banget, saya jadi bingung. Alhasil saya ambil sepiring penuh salad sayur dan buah, supaya gak kepalang kenyang dan nanti malah ngantuk pas sesi ke dua. Bohong deng, aslinya mah saya kepincut buat nyicipin salad dressing yang warna-warni, juga finger food yang di kemas cantik itu, hohoho.

Nah, sebelum lanjut ke sesi kedua, kami juga disuguhi pertunjukkan susulapan dari Kang Aldy Terren dan musikalisasi puisi dari Duo Mulyana a.k.a Duo RRC yang digawangi oleh Kang Adew Habtsa dengan gaya khasnya yang kocak. Kami diajak nyanyi bareng sambil keprak-keprok, seru banget! Oh ya, sempat ada selipan pembacaan puisi di tengah lagu yang berjudul Suaramu T’lah Memikat Ingatanku. Wiihh, romantiiiss..

Kembali ke sesi talkshow, kali ini giliran dari pihak Bank Sinarmas yang diwakili oleh Mas Sunja.

Ada fasilitas oke dari Bank Sinarmas nih, yaitu Tabungan Online yang tidak mengharuskan kita datang dan ngantri lama-lama di Bank. Praktis banget!

sinarmas

Selanjutnya ada Mbak Ani dari Genflix.

Tahu Netflix, gak? Nah, kira-kira Genflix itu mirip kayak Netflix. Tempat buat streaming film atau acara tv secara online yang gak ada di channel tv lokal, bedanya Genflix ini platform pertama Indonesia, donk! Gak cuma film-film blockbuster Hollywood, di Genflix kita bisa nonton pertandingan sepak bola dunia secara live, drama Asia, anime, National Geographic, bahkan film indie Jerman. Wuih… Hebatnya lagi, pihak Genflix ngasih free streaming buat peserta Roadblog selama satu bulan lho!

Sesi ketiga yang juga merupakan sesi terakhir, kami menyimak materi blogging dari Bang Aswi, juga Kang Argun sang dewa SEO itu, hehe.

Saya banyak belajar dari kedua blogger senior yang hebat ini, bikin saya ingin lebih memantapkan niat untuk giat ngeblog. Kang Argun juga memberi saran dan nasehat untuk memantapkan pilihan dan tujuan blogging kita, karena kata beliau, kalau kita memilih fokus di teknik SEO, besar kemungkinan kita akan kehilangan trademark alias personal branding dari blog kita. Weeeh, setuju Kang!

Dan akhirnya rangkaian acara pun berakhir dengan foto bareng, hehe.

Terimakasih banyak kepada panitia yang sudah memberi kesempatan pada saya untuk mengikuti acara keren ini, ditunggu agenda selanjutnya ya! Juga tak lupa kepada para pembicara dan sponsor yang sudah berbagi info serta ilmunya. Bikin saya semangat nulis dan kembali ke jalan blogging yang benar nih (*bentar lagi Ramadhan mode on*).

5 thoughts on “RoadBlog Bandung : Menuju Jalan Blogging Yang Benar

Leave a Reply

