Mencicipi Rasa Original dari Sauté Family Resto

Kira-kira kalau masak makanan buat keluarga di rumah seringnya pakai cara apa? Apakah dengan cara digoreng, direbus, ditumis, dikukus atau dipanggang? Tahu gak sih, kalau metode memasak yang sehat, terutama dalam mengolah bahan segar seperti sayuran adalah dengan cara ditumis? Teknik menumis yang dalam dunia kuliner internasional dikenal dengan teknik sauté (fr.) merupakan cara memasak dengan sedikit minyak sambil diaduk cepat dalam wajan. Karena prosesnya tak terlalu lama dan tak memakai banyak minyak, maka kandungan nutrisi dalam bahan yang kita olah tak akan rusak. Selain itu jika kita menumis sayuran, teksturnya akan tetap renyah serta warnanya tak akan pudar.

Mungkin hal itulah yang menginspirasi penamaan sebuah restoran baru di Bandung : Sauté Family Resto. Karena merupakan restoran keluarga, tentunya hidangan yang disajikan tidak cuma harus enak, tapi juga sehat. Berlokasi di Jl. Lodaya No. 23, Sauté Resto yang baru soft opening awal Juni kemarin ini memiliki 3 lantai. Ruangan di tiap lantainya cukup luas, dengan suasana dan beberapa ornamen vintage, gak banyak warna dan gak bikin sakit mata hehe. saute inter

Oke, tempatnya udah pasti nyaman. Terus, menunya gimana? Karena namanya Sauté, apa menunya juga tumis-tumisan doank? Yah..boring donk? Hm..gak gitu kok! Menu di Sauté bervariasi, mulai dari light meal sampai dessert, masakan tradisional khas Indonesia sampai western! Mau menu  berkuah, daging panggang, sampai salad juga ada!

Nah, nyambung lagi ke filosofi sauté yang merupakan hidangan yang sehat. Hidangan di Sauté menurut saya juga tergolong sehat dan pas buat disantap bareng keluarga. Kenapa? Pertama, saat  mencicipi menu Indonesia, saya merasakan aroma rempah yang segar, namun rasanya tidak berlebihan.

Recommended : Sauté Special Fried Rice dan Soto Bandung yang aroma rempahnya kerasa....

Recommended : Sauté Special Fried Rice dan Soto Bandung yang aroma rempahnya kerasa….

Kedua, pada menu western, Sauté lebih menonjolkan rasa pada sausnya, sehingga kita bisa mencicipi rasa original dari bahan utama menu tersebut. Jadi rasa bahan utama untuk lidah orang Indonesia memang akan terbilang hambar, namun hal ini bisa melatih sensitivitas palate kita (terutama buat yang punya cita-cita jadi food critic), metode penyajian seperti ini juga bisa untuk mengontrol diet sodium kita. Tiap orang juga punya preferensi rasa yang berbeda kan? Nah, tinggal atur sendiri mau dicocolin sausnya apa enggak. Ketiga, baik itu  grill atau fried, hampir tiap menu diberi sauteed veggies alias sayuran tumis khas Sauté. Jadi meskipun kita menyantap hidangan daging yang berkalori, asupan nutrisinya tetap seimbang dengan adanya sayuran tumis itu. Akan tetapi, menurut saya kemarin itu buncisnya agak overcook sehingga kurang renyah dan warnanya kurang terang.

Recommended : Tenderloin Steak-nya bikin kenyang! Saus beraroma Rosemary buat cocolan Rolled Chicken-nya juga enak!

Recommended : Tenderloin Steak-nya bikin kenyang! Saus beraroma Rosemary buat cocolan Rolled Chicken-nya juga enak!

Sauté Salad yang segar dan sehat

Sauté Salad yang segar dan sehat

Dan akhirnya yang keempat (ini lebih ke preferensi pribadi sih sebenarnya hehe). Sauté  menyisipkan fresh herbs alias daun-daun herbal yang cukup sulit ditemukan di resto lain. Yeay! Saya excited sekali ketika melihat nasi goreng dengan daun watercress sebagai garnishnya, juga daun arugula di Sauté salad bersamaan dengan dua jenis daun selada sekaligus : selada air dan romaine! Duh, emang dasar orang sunda suka kalap kalau lihat lalapan hahaha :D. 

Terus, minumannya ada apa aja sih? Di Sauté ada banyak minuman kopi yang katanya sih jadi menu minuman andalannya juga. Kalau pesan hot coffee di sini, rasanya juga original, pahit. Jadi, kita dikasih gula cair secara terpisah biar bisa atur sendiri mau semanis apa. Kalau mau yang dingin tapi sekaligus bikin melek, Ice Strong Cappucinno-nya mantap banget lho! Selain kopi juga ada jus, milkshake, smoothies, sampai mocktail mojito yang rasanya semriwing haha. saute drinks

Fruit Flambé buat yang doyan makanan manis

Fruit Flambé buat yang doyan makanan manis

Oh iya, kalau untuk dessert sayangnya kemarin saya cuma nyicip Fruit Flambé. Ini merupakan warm dessert. Jadi potongan aneka buah dimasak dengan saus karamel dengan memakai teknik flambéing alias dibakar pakai api kayak  bikin Cremé Brulee itu loh. Rasanya manis banget, kalau buat saya pribadi sih lumayan ‘giung’ gitu lah hehe.

Harga yang dibanderol untuk menu-menu di  Sauté berkisar antara Rp. 20k  – Rp.65k. Menurut saya cukup reasonable, apalagi mengingat tempatnya yang nyaman, teknik platingnya yang cantik dan rasanya yang original dan gak lebay. Karena baru buka, masukan dari saya paling untuk lebih memperhatikan soal timing dan detail dalam memasak menunya, seperti level kematangan steak yang kemarin tidak sempat ditanyakan serta tekstur sayuran tumisnya yang agak overcook itu hehe.

Foto bareng Blogger BDG dan staff Sauté :)

Foto bareng Blogger BDG dan staff Sauté 🙂

Kalau ada kesempatan datang ke sini lagi, pengen nyicip menu lainnya yang kemarin gak sempat diicip.. Hehehe..


Sauté Family Resto

Alamat : Jl. Lodaya No 23 Bandung

Jam buka : pukul 10.00-23.00 WIB

Telp. : 022-73511564 (Reservasi)

 

Advertisements

3 thoughts on “Mencicipi Rasa Original dari Sauté Family Resto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s