Kuliner Khas Manado yang Bikin Kenyang dari RM Legoh

legoh Kita gak perlu jauh-jauh terbang naik pesawat ke Sulawesi kok untuk nyicipin makanan khas Manado. Bandung sebagai pusat kota kuliner tentunya selalu terbuka bagi kuliner dari seluruh penjuru Indonesia. Nah, tempat kuliner khas Manado di Bandung yang direkomendasikan kebetulan berada di pusat kota, RM Legoh namanya!

Terletak di Jl. Sultan Agung, hanya beberapa meter dari Jl. Ir Juanda, RM Legoh sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004. Jangan disangka pemiliknya adalah seorang chef atau ibu rumah tangga yang rajin masak di dapur ya, pasalnya pendiri RM Legoh adalah seorang musisi metal!

Om Leon, drummer sekaligus pemilik RM Legoh

Om Leon, drummer sekaligus pemilik RM Legoh

Om Leon, sang pemilik RM Legoh merupakan personil band indie Koil yang kerjaannya gebak-gebuk drum. Selain menjadi pemilik, Om Leon juga berperan sebagai koki utama. Meski tak pernah mengenyam pendidikan di sekolah khusus kuliner, beliau selalu bereksperimen sendiri dalam menentukan menunya serta memastikan rasa dan kualitas masakan sebelum di hidangkan ke meja pelanggan. Udah persis kayak koki profesional di restoran berbintang aja deh pokoknya!

1327 SAM_1119
Nama Legoh sendiri sebenarnya adalah nama keluarga atau marga dari Manado, sehingga menu-menu yang tersedia di sini adalah menu masakan keluarga Manado. Kalau makan di sini enaknya memang rame-rame bareng teman atau keluarga sih, soalnya tempatnya luas, kalau sendirian kan nanti kesepian..hiks :'(. Padahal menurut cerita Om Leon, pas awal buka RM Legoh cuma berupa satu kantin kecil yang bersebelahan dengan warnet. Tapi karena lokasinya yang strategis, yakni dekat sekolah dan kampus (SMA Aloysius, Unpad Dago) serta area distro dan FO, jadilah RM Legoh selalu ramai pengunjung dan jadi bertambah luas seperti sekarang ini. Ada 30 buah meja dengan daya tampung sekitar 120 orang, dengan jumlah karyawan 30 orang, RM Legoh juga menerima reservasi untuk perayaan acara tertentu dan catering.

14100289_10154088340733962_4473511862444444129_n

14066372_10154088476543962_7283137497498640880_o

SAM_1116Menu-menunya ada banyak dan selalu ada pembaharuan tiap bulannya. Kebetulan kemarin yang menjadi menu utama baru yakni variasi Mie Baso serta olahan Sapi Cuka. Karena penasaran, saya memesan Sapi Cuka + Nasi Merah. Pas pesanan datang, saya agak sangsi karena ternyata daging sapinya digoreng kering. Wah, bakalan alot nih kelihatannya, pikir saya. Ternyata pas saya kunyah, daging luarnya terasa renyah tapi lembut di dalam *bukan iklan wafer*. Sepertinya cuka yang dijadikan racikan bumbu marinade itulah yang membuat daging sapinya tetap lembut meski digoreng kering. Tekstur dan rasanya juga unik, gurih-gurih asem gimana gitu. Lebih afdol lagi kalau dimakan bareng sambal beserta acar merah putih yang jadi kondimennya.

SAM_1136SAM_1108
Varian menu Sapi Cuka lainnya antara lain ada Sapi Cuka Cabe Ijo, Sapi Cuka Rica dan Nasi Goreng Sapi Cuka. Kecuali nasi goreng, menu-menu lainnya belum termasuk nasi. Nah, enaknya di sini kita bisa pilih dan ganti varian nasi sesuka hati. Ada nasi putih, nasi merah serta nasi daun jeruk. Harganya sama rata!

SAM_1086Karena waktu itu hari sedang terik dan kepala saya sedang mumet, saya pengen sesuatu yang seger, adem, kalem dan gak terlalu berat. Jadi untuk minumannya saya pesan Green Thai Tea Float saja deh. Seperti yang tertera di menunya, Green Thai Tea Float ini merupakan kid’s favorite dan saya yang kalau badmood-nya kumat kayak anak kecil pecicilan gak dibeliin mainan, lumayan jadi sedikit lebih tenang setelah minum ini hahaha.

SAM_1090Tapi menurut saya yang paling menarik adalah Es Goyobod yang merupakan menu minuman baru RM Legoh. Kalau  dari namanya saja tidak terdengar begitu spesial sih, langsung kepikiran sama Es Goyobod warna pink yang suka dijual emang-emang keliling komplek. Tapi kalau Es Goyobod ala RM Legoh mah beda donk! Minuman tradisional rakyat Sunda itu disulap jadi cantik, appetizing dan instragammable. Selain itu topping-nya juga warna-warni, kekinian bangetlah pokoknya.
SAM_1093
SAM_1134Kalau untuk menu makanan ringan alias camilan, saya sempat mencicipi Keju Aroma Susu serta Tahu Pletok. Om Leon mengaku bahwa kelemahan dirinya adalah kurang suka mengexplore menu camilan dan minuman. Oleh karena itu beliau sangat terbuka sekali terhadap opini para pelanggannya. Menu Keju Aroma itu sendiri merupakan saran dari salah satu pelanggan RM Legoh lho! Jadi kalau ada menu yang ingin kita santap di RM Legoh namun tidak tersedia, bilang saja sama Om Leon, siapa tahu jadi masuk daftar menu reguler hehehe.

Nasgor Hitam ini porsi kenyaaaang!!!

Nasgor Hitam ini porsi kenyaaaang!!!

Jangan pernah hawatir soal harga kalau makan di RM Legoh. Soalnya dengan tiap harga menu yang dibanderol per porsinya, kita akan dibikin kenyang banget! Saya dan teman-teman juga sempat kaget pas makan di sini, karena kok makanan kita lama banget habisnya? Ternyata porsi nasinya padat sekali! Pas ditanya kenapa ngasih porsi banyak-banyak, Om Leon bilang itu karena beliau sendiri orangnya senang makan, jadi beliau juga suka kalau lihat orang makan banyak, apalagi kalau makan masakannya. Waduh, gak takut rugi yak si Om Leon ini? Tapi gapapa deng, jarang banget kan tempat makan di pusat kota yang ngasih porsi banyak? Hahaha…

Oh, iya. RM Legoh ini sudah diinspeksi sama pihak MUI dan terkonfirmasi halal. Sertifikatnya masih dalam proses sih, jadi tunggu aja nanti juga dipajang di temboknya hihihi. Terus kalau mau makan di sini hindari jam makan siang, pasti penuh! Tahu sendiri deket sekolahan, pasti banyak siswa yang nongkrong di sini kan? Tapi kalau niatnya mau ngecengin anak SMA sih sok aja. Hahaha….
14117882_10154088473418962_5751905238769515214_n
Sempetin mampir ke sini ya! 😉


RM Legoh
Alamat : Jl. Sultan Agung No. 09 (seberang SMA Aloysius)
Jam buka : 11.00 – 21.00 WIB
Twitter/IG : @rmlegoh

Advertisements

4 thoughts on “Kuliner Khas Manado yang Bikin Kenyang dari RM Legoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s