Wisata Ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Apa sih yang membuat seseorang tertarik untuk mengunjungi sebuah tempat? Pemandangannya? Suasananya? Ragam budayanya? Di balik semua keindahan dan keunikan tersebut, tentu saja kita juga akan mempertimbangkan soal kenyamanan serta pelayanan yang ada.

sam_1243
Yup, dunia pariwisata memang membutuhkan strategi untuk menarik pengunjung, seperti bisnis lainnya. Hospitality atau keramahtamahan merupakan hal yang krusial dalam hal ini. Berhubung Indonesia punya potensi wisata yang tidak akan ada habis-habisnya, pembekalan mengenai hospitality tentu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan minat dan kualitas pariwisata. Sayangnya, pendidikan hospitality tampaknya masih dinomor sekian-kan oleh kebanyakan orang. Biasalah, yang keren itu ya katanya pendidikan eksak. Padahal orang-orang eksak banyak yang gak ramah, gak asik, pada serius semua! Ujung-ujungnya mereka butuh piknik. Hehehe…

Nah, biar tahu betapa kerennya bidang pariwisata itu, yuk kita intip salah satu dari segelintir sekolah pariwisata di Indonesia! Beberapa waktu yang lalu kebetulan saya dan teman-teman blogger diundang untuk keliling Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau STPB (dulu dikenal sebagai Enhaai). Ada apa aja sih di dalamnya?
sam_1214Pertama-tama, siang itu kami disambut di aula gedung Ciremai lantai 6. Biasalah, ada sepatah – dua patah kata dulu dari tuan rumah yang punya hajat *macam kondangan*. Dari penjelasan bapak Doni, STPB ini sudah banyak berpartisipasi dalam acara-acara promosi pariwisata, baik di tingkat nasional atau internasional. Nah, kebetulan negara kita juga sedang gencar mempromosikan proyek wisata halal dan sepengamatan beliau, kenapa kota Bandung yang menjadi pusat wisata dan budaya Indonesia malah adem ayem saja? Padahal Bandung hampir punya segalanya! Spot wisata : ada, seni : ada, shopping : ada, kuliner : ada! Oleh karena itu, pihak STPB merasa sangat perlu menjalin kerjasama dengan pihak media. Karena apalah artinya tempat keren, fasilitas komplit, tapi kurang publikasi? Nantinya tak ada peningkatan sama sekali. Untuk menjalin silaturahmi yang baik, pihak STPB juga merencanakan adanya acara besar di dies natalis mereka dan tentu saja akan mengundang blogger sebagai bagian dari pihak media. Waahh…saya tunggu undangannya ya, pak! πŸ˜€
sam_1209
sam_1222

Oh iya, di sela sambutan-sambutan itu kami juga disuguhi beberapa pertunjukan dari UKM-UKM yang ada di STPB. Yang pertama adalah pertunjukkan grup seni Angklung Nara yang menyuguhkan lagu tradisional seperti Manuk Dadali, lagu dangdut Kopi Dangdut, sampai lagu barat . Ada juga Enhaai Bartender Club yang lihai lempar-lempar botol sambil joged. Duh, untung aja botol yang dilempar, bukan perasaan. *Aaaakkk! Terus yang joged-joged biasa juga ada. Karena gak sambil lempar-tangkap botol, jadi bisa ngagitek maksimal deh. Oh, yeah! πŸ˜€ Tapi UKM di STPB gak cuma itu aja kok. Ada banyak sekali, sebenarnya. Pihak senat mahasiswa STPB sampai ngasih presentasi tentang UKM STPB dan masing-masing punya prestasi serta kegiatan yang seru, gak kalah keren dengan UKM-UKM di PTN biasa.

Guide sedang memberi arahan kepada peserta tur supaya tidak ada yang nyasar dan hilang :D

Guide sedang memberi arahan kepada peserta tur supaya tidak ada yang nyasar dan hilang πŸ˜€

Setelah sambutan, baru deh kami diajak tur keliling STPB. Bak wisatawan asli, kami didampingi oleh beberapa pemandu alias guide yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi STPB sendiri. Dengan sabar dan ramahnya para pemandu ini memberikan penjelasan mengenai gedung dan aktifitas para mahasiswa, menjawab pertanyaan-pertanyaan, serta menunggu kami yang jalannya lama karena sambil foto sana-sini (taulah kerjaan blogger, hihihi).

Kami melihat-lihat beberapa ruang simulasi yang biasa digunakan mahasiswa untuk praktek. Diantaranya ada cafe, ruang simulasi bandara, ticketing serta bus pariwisata.

Cafe untuk praktek para mahasiswa

Cafe untuk praktek para mahasiswa

Simulasi bandara

Simulasi bandara

Simulasi ruang ticketing

Simulasi ruang ticketing

Simulasi bus

Simulasi bus

Selanjutnya yang paling saya tunggu-tunggu adalah berkunjung ke restoran. Bukan buat makan-makan ya, tapi ini restoran tempat praktek calon pramusaji, bartender, manajer restoran dan koki.

sam_1270

sam_1286 sam_1289 sam_1292

Restoran nusantara ini settingnya adalah restoran reguler, sedangkan restoran satu lagi berada di lantai atas berkonsep fine dining yang suka ada di kapal pesiar atau hotel berbintang.

sam_1312

sam_1328

Keduanya sama-sama mengajarkan plating, table manner dan manajemen restoran kok. Cuma beda level aja. Yang sedang belajar jadi pramusaji adalah mahasiswa semester bawah, sedangkan yang berperan jadi manajer yang mengarahkan dan mengawasi para pramusaji adalah mahasiswa semester atas. Wow, butuh kerjasama yang kompak tentunya!

Oh iya, kami juga sempat ngintip ke dapurnya, lho. Uh, saya ngiler! Bukan karena masakannya, tapi ya..suasananya gitu. Maklum, saya suka banget nonton acara masak-masakan di youtube. Hihihi…

2016-08-31-14-06-08

Saya juga ingin berada di antara akang-akang ini, donk.. Huehehe :3

sam_1339Setelah puas lihat-lihat restoran, terakhir kami berjalan menuju hotel Enhaai. Ini hotel beneran loh ternyata dan kamar-kamarnya juga disewakan! Wah, lumayan nih buat alternatif menginap bagi yang datang dari luar kota pas ada wisudaan kampus-kampus sekitar daerah Setiabudhi.

sam_1340
Jujur, sepanjang wisata ini saya gak banyak tanya atau komentar seperti teman-teman blogger yang lain. Soalnya saya sibuk terbengong-bengong melihat keuletan para mahasiswa STPB. Bagaimana tidak? Puluhan menit mereka menempatkan potongan buah ke piring-piring yang tak ada habisanya, puluhan menit juga mereka duduk tegak di meja, menunggu waiter yang berkali-kali menempatkan sendok garpu di depan mereka. Semuanya dilakukan tidak secara asal-asalan. Yang masak didapur juga harus sesuai timingnya. Main course tidak boleh selesai duluan sebelum appetizer siap, gilirannya harus teratur, namun harus tetap hangat dan tidak overcooked. Ah, pokoknya semua itu tak segampang yang kita kira! Enak banget kita mah tinggal jalan-jalan, foto-foto, makan-makan. Kalau ada yang gak nyaman, tinggal komplen! Masih aja anggap remeh bidang pariwisata? Beuh… πŸ˜›

Terimakasih STPB, atas undangan wisatanya!

Terimakasih STPB, atas undangan wisatanya!

Wah, ternyata postingan ini udah panjang banget, hahaha. Kalau mau tau lebih banyak tentang STPB, langsung cek aja situsnya. Ada banyak info dan berita mengenai pariwisata. Kalau mau tanya-tanya soal pendaftaran sekolahnya juga bisa, kontaknya tertera di sana. Yuk, dukung kepariwisataan Indonesia!


Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB)

stpb

Advertisements

2 thoughts on “Wisata Ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s