Flashback 2016 : Menoleh Kembali

2017 Calender on the red cubes

2017 Calender on the red cubes

Selamat tahun baru! Ini adalah postingan pertama di tahun 2017. Yeay! Di awal tahun, orang berbondong-bondong menulis resolusi. Pasalnya, tahun baru = harapan dan mimpi-mimpi baru. Akan tetapi, saya tidak akan menulis resolusi di sini. Malahan, saya mau bernostalgia, mengenang kembali momen-momen di tahun 2016. Kenapa? Gak bisa move on? Plis, deh…

Seperti kata bapak proklamator kita, “JAS MERAH. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah!” Seperti itu saya percaya bahwa masa-masa yang telah lalu berfungsi seperti kaca spion yang perlu sesekali kita tengok demi mencapai tujuan di depan dengan lancar dan selamat. Nah, dengan menyadari hal-hal apa saja yang telah kita alami di tahun sebelumnya, bisa menjadi pelajaran dan monitor untuk mendapatkan target kita di tahun selanjutnya. Selain itu kita juga bisa lebih berintrospeksi dan mengontrol sikap. Mentang-mentang 2016 udahan, terus mau ditinggalin gitu aja? Gak sopan. Kalau diibaratkan kayak makan di warung, kalau udah selesai jangan langsung pulang, tapi panggil dulu tukang warungnya, kasih tahu kita abis makan apa aja sambil ngitung bareng harganya berapa, terus bayar, baru deh silakan pulang. Jadi kalau ramah dan sopan gitu kan tukang warung juga seneng dan siapa tahu nanti-nanti dikasih diskon atau bonus makan gratis, wkwkw. Ini apaan deh analoginya gak banget? -_- Abaikan.

Nah, langsung aja deh. Berikut ini pencapaian-pencapaian saya selama 2016:

  • Menang Lomba

Pas sekolah dulu, saya sering ikut lomba. Jadi kebawa sampe sekarang, suka ikutan lomba-lomba, giveaway dan jadi banci kuis, wkwk. Yah, meskipun jarang banget jadi pemenang di acara lomba besar-besaran. Paling banter menang giveaway berhadiah buku, atau voucher makan hahaha. Akan tetapi tak disangka-sangka, pas bulan Februari 2016, saya ikutan lomba blog dari Gramedia dan alhamdulillah artikel yang saya tulis menjadi juara utama. Yeay! Postingannya bisa dibaca di sini.

  • Ikutan komunitas Blogger

Sebenarnya saya punya blog ini sudah dari beberapa tahun yang lalu, tapi ya…gitu. Posting cuma pas ada mood aja, alias males. Nah, barulah tahun ini saya ikutan komunitas blogger setelah terus-terusan dibujuk sama teteh saya, huehehe. Alhasil sekarang saya sudah mulai ikutan komunitas blogger, salah satunya Blogger BDG. Alhamdulillah, jadi nambah kenalan, teman dan koneksi. Seru loh, selain itu banyak ilmu yang didapat juga. Seperti acara yang pernah saya ulas di sini. Alhamdulillah saya juga jadi lebih sering posting, karena kalau ikut acara harus ngerjain tugas atau PR satu postingan blog. Alhamdulillah lagi, saya sering diajakin jalan-jalan dan makan-makan. Muahaha…

  • Wisata kuliner

Udah ketebak lah, saya doyan makan. Biasanya sih suka nyetok camilan yang dibeli dari Ind*maret, maklum anak kosan haha. Tapi ada kalanya bosen juga sih sama makanan yang itu-itu aja, makanya saya suka pengen wisata kuliner, sesekali makan di luar. Untungnya semenjak ikut dan aktif di komunitas blog, ada aja yang ngajakin makan hahaha. Dan kalau beruntung, biasanya suka ada acara yang ngasih doorprize atau bikin lomba berhadiah voucher makan dari sponsor. Postingan-postingan kuliner saya bisa dibaca di kategori Kuliner.

Hehehe, rejeki anak kosan!

  • Nerbitin antologi cerpen

Wacana udah lama. Karena sadar tulisan saya masih jelek, gak dimuat-muat di koran juga sampe sekarang *zad* :'(, jadi seenggaknya saya pengen nerbitin indie dulu deh. Itung-itung latihan sebelum jadi penulis terkenal, awokwokwow. Nah, karena saya gak bisa nulis novel yang panjang, jadi cerpen dulu aja. Maunya sih kumcer bareng teman-teman seperjuangan di Kelas Menulis Fiksi Aksara Salman ITB, tapi apa daya teman-teman saya lagi pada sibuk-sibuk semua, saya doank yang leha-leha. Haaa… Jadinya paling kumcer kami terbit tahun 2017, semoga lancar.

Meski begitu, saya pernah ikutan beberapa lomba cerpen dan ternyata panitianya memutuskan untuk membuatkan antologi untuk 20 pesertanya. Yeay, kesampaian deh! Cerpen-cerpen saya di antaranya Catatan Para Malaikat dan Kucing Bernyawa Sembilan.

  • Main ke Trans Studio

sam_0179Udah tinggal di Bandung sejak tahun 2011, baru kesampean main ke Trans Studio tahun 2016. Hahaha. Iya, saya emang jarang piknik, padahal butuh. Nah tahun lalu saya main juga ke sana, dua kali! Uyeah!

  • Wisudaaaa!!!!

Akhirnyaaaaaa….

 

  • Ketemu sastrawan dan/atau penulis kece

Bukan ketemu yang gak sengaja papasan pas mau beli pecel lele deket kosan, terus say hi doank loh. Tapi ketemu sambil dapetin ilmu dan foto bareng plus minta tandatangan tentunya, ehehe. Nah, setelah tahun 2015 sempat ketemu Pak Sapardi, tahun 2016 kemarin ketemu Mas Seno Gumira sama Kang Eka Kurniawan. Kyaaaa!

Bareng Mas Seno dan Kang Eka :)

Bareng Mas Seno dan Kang Eka 🙂

Eh, sempat ketemu Adhitya Mulya juga sih, cuma gak ikut foto-foto sama sesi tandatangan. Uuuuu…

  • Pulang kampung selain pas libur lebaran

Dalam setahun, saya biasa pulang cuma sekali pas libur lebaran aja. Akhir Desember kemarin akhirnya menyempatkan pulang buat menengok nenek yang akan berangkat umroh.

nenekI love you, nek! :*

Yang gagal tercapai:

  • Target baca Goodreads Reading Challenge

Progress baca terburuk dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Padahal jumlah target buku gak seberapa. Memang waktu itu saya frustasi gara-gara skripsi dan terpaksa baca referensi-referensi yang boringnya minta ampun sih, ahahaha. Tapi ah, jangan nyari-nyari alasan! Pokoknya kecewa, eike kecewa… 😦

Malu sama gelar sarjana, hih! -_-

  • Nonton lebih banyak film-film Indonesia

Niatnya ingin mulai mengapresiasi karya lokal, tapi gagal. Tahun 2016 saya cuma ke bioskop dua kali, itu juga nonton Inferno sama Fantastic Beasts. Padahal banyak film lokal yang pengen saya tonton, seperti My Stupid Boss, Sabtu Bersama Bapak, 3 Srikandi, Shy-Shy Cat, sama Headshot. Sempat nonton Negeri Van Oranje sih, di laptop adik wkwkw. Tapi ugh, kok filmnya gak seseru pas saya baca novelnya bertahun-tahun lalu, ya? Bukan selera saya lah pokoknya.

  • Merampungkan draft novel(et)

Masih juga wacana. Padahal ide udah ada dan udah mulai latihan nulis alur panjang sedikit demi sedikit, tapi…. Ah, sudahlah.

  • Jalan-jalan/liburan ke luar kota

Aku butuh piknik!

  • Upgrade domain blog

Hayo lho… Katanya mau jadi penulis dan blogger profesional? Omdo, omdo! Awokwokwow…

  • Lihat kembang api tahun baru bareng gebetan

Eh… Um… Aduh, kok akhirnya baper ya? Abaikan.

Nah, segitu aja sih yang bisa saya ingat haha. Terus, mana resolusi 2017-nya? Eitts…itu mah rahasia! Saya punya banyak mimpi, kalau dikasih tahu di sini nanti takut ada yang nyuri. Haha, padahal bilang aja anti mainstream!

Anyway, yang penting semoga urusan-urusan di tahun ini dilancarkan. Semoga mendapat keberkahan. Semoga tercapai apa yang telah ditekadkan dan diniatkan, Tuhan yang paling mengerti isi hati kita. Jadi gak usah komentar aamiinn, aamiinn-an kayak di facebook ya! Berdoalah di masjid dan rumah ibadah lainnya. Oke?

Sekali lagi, selamat tahun baru!

Selamat menempuh hidup baru!

*eh..* :p

3 thoughts on “Flashback 2016 : Menoleh Kembali

  1. Suka banget baca postinganmu mbak, trus mikir buat follow 🙂
    Btw selamat tahun baru dan selamat buat kemenangannya ya..keren euy bisa menang di Gramedia.
    Kalau butuh piknik main kesini mbak 🙂 banyak diskon *eh

Leave a Reply

