Ngumpul Bareng Blogger Muslimah Bandung

Saya pernah membaca sebuah tulisan yang mengatakan bahwa dibandingkan lelaki, perempuan lebih cerdas secara linguistik. Itulah kenapa kebanyakan perempuan senang berkumpul dan mengobrol. Terlebih karena perempuan lebih peka secara emosional, maka pelampiasan atau pengekspresian lewat kata-kata (entah itu secara verbal maupun tertulis) sudah menyerupai sebuah kebutuhan yang mutlak.

Mungkin itulah kenapa komunitas atau perkumpulan-perkumpulan para perempuan amat banyak bermunculan dan kebanyakan mampu bertahan dengan cukup lama. Contoh terkecil adalah budaya arisan, PKK atau pengajian. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kita bisa menemukan komunitas perempuan yang lebih beragam, serta menyesuaikan tren. Misalnya komunitas hijaber atau blogger. Kebetulan sekitar sepekan yang lalu saya menghadiri acara Meet Up Blogger Muslimah Bandung. Saya sendiri baru tahu mengenai komunitas Blogger Muslimah ini, sehingga bisa dibilang acara tersebut sekaligus merupakan ajang perkenalan dan peluasan koneksi dengan para peserta yang notabene memang mengikuti komunitas lain. Istilah pendeknya: silaturrahmi.

Acara yang diselenggarakan pada 05 November 2017 itu bertempat di kafe Warunk Twogether, tepatnya di jl. Lodaya No. 63 Bandung. Sebelum hari-H, rupanya ada bocoran bahwa tiap peserta kebagian mendapat bingkisan dari sponsor utama yakni Seply dari Ethica yang bisa dibilang merupakan dresscode acara tersebut. Awalnya saya gelisah karena sudah terbiasa berpakaian sangeunahna. Yah…maklum, saya belum bisa move on dari kostum dedek-dedek mahasiswa; kaos/kemeja + celana jeans + sneakers. Gaya casual gitu lah…. 😀

Ah, tapi coba gaya baru gak ada salahnya kan? Alhasil pas sampai lokasi, saya langsung disodori baju dari Ethica dan langsung pakai (ganti pakaiannya di toilet kok, bukan di situnya hahaha). Dan… jreng jreeeengggg….

Gimana? Udah shalehah belum? XD

Pangling kan? Haha.. Duh, sebenernya saya suka sama warnanya yang soft (btw, saya sempat horor pas dikasih tahu warna bajunya bakal ungu tua ngejreng, untung gak jadi hihihi), modelnya juga mengingatkan saya dengan hanbok, baju tradisional perempuan Korea Selatan yang tertutup dan anggun itu. Uwuwwuw. Tapi karena di ruangan tak pakai AC dan cuma ada kipas atap yang gak terlalu kerasa anginnya, jadi saya merasa kegerahan banget dan sepanjang waktu ngangkat-ngangkat roknya kayak budak sunat. 😀

Oke, daripada ngomongin gimana canggungnya saya pakai gamis, mending ngomongin isi acaranya. Pertama-tama acara diisi langsung oleh Mbak Novia Syahidah, salah satu pendiri Blogger Muslimah. Nama yang serasa familiar di telinga saya dan barulah saya ngeh ketika ingat bahwa Mbak Novia ini penulis cerbung di majalah Annida yang sering saya baca waktu masih sekolah dulu, judulnya Putri Kejawen.

Ada sejak tahun 2014, Blogger Muslimah dibentuk untuk mewadahi para perempuan muslim (muslimah) untuk saling berbagi  lewat tulisan. Awalnya Blogger Muslimah mempunyai slogan atau jargon: “Gerakan Menuju Shalehah.” Tapi karena terkesan terlalu berat dan takut banyak yang salah paham (nanti dikira majelis ta’lim lagi 😀 ), akhirnya slogan diganti menjadi: “Membaca Dunia, Menulis Semesta.” Mbak Novia menyadari kebutuhan literasi bagi perempuan yang merupakan para calon ibu amatlah penting. Selain sebagai sarana berbagi informasi, tulisan juga bisa dijadikan sebagai terapi. Dan satu hal yang penting adalah seorang perempuan, apalagi para ibu amat rentan dengan stress, maka komunitas ini bisa dijadikan sebagai ajang curhat. Selain itu bagi yang mau serius, ada pula fungsi finansial yang bisa dimanfaatkan melalui menulis. Apalagi karena sekarang teknologi sudah canggih, hampir semua orang punya akses untuk mempublikasikan dan berbagi tulisannya dengan khalayak luas, contohnya

Peserta sedang memperkenalkan diri

melalui blog. Maka dari itu, Blogger Muslimah ini sering sekali mengadakan banyak program-program yang bisa diikuti dan tentunya bermanfaat bagi para muslimah. Beberapa di antaranya yaitu program kepenulisan fiksi dan non fiksi, kepenulisan tematik, kepribadian, serta kajian.

Nah, setelah berkenalan dengan Blogger Muslimah, giliran berkenalan dengan para pesertanya donk. Satu per satu, kami pun mengenalkan diri serta blog pribadi yang dimiliki. Rupanya beragam sekali minat-minat yang ditulis para peserta di blognya. Ada yang menulis mengenai parenting, kuliner, make up, yang nano-nano juga banyak. Kalau saya? Ngenalin sebagai yang suka nulis soal buku, sastra dan kuliner aja sih, yah…bisa dibilang nano-nano jugalah. Hehehe.

Selesai berkenalan, lanjut sesi ke dua dari JD.id yang diwakili oleh Mbak Willi. Berhubung yang ngumpul adalah para perempuan yang sudah pasti sangat tidak asing dengan dunia belanja, maka di sesi ini Mbak Willi mau memperkenalkan partner di jaringan online shop JD.Id. Bedanya JD.id dengan online shop lain di antaranya, JD.id hanya bekerja sama dengan beberapa tenant tertentu, sehingga produk-produk yang dijual di JD.id hanyalah produk berkualitas original. JD.id juga memiliki gudang sendiri yang akan menyortir kembali produk yang di jual, sekaligus kurir khusus yang akan mengirimkan produk, sehingga kondisi produk terjaga dan pasti sampai tujuan.

Program JD partner sendiri merupakan sebuah kerja sama yang dibangun antara JD.id dan pelanggannya yang terdaftar. Disebut partner karena ada hubungan simbiosis mutualisme antara JD.id dan pelanggan yang sudah memiliki akun di situs resmi Jd.id. Jika sudah terdaftar, kita bisa mendapat bantuan terkait produk pesanan dengan mudah, dapat cashback, training, order produk edisi terbatas,  bahkan kita juga bisa mendapat tambahan uang saku. Banyak sekali! Duh, kalau ditulis di sini semua pasti kepanjangan. Kalau tertarik mending langsung daftar aja di situs JD.id, ya!

Nasi tumpeng mini… yum!

Kemudian ampai juga pada sesi yang paling ditunggu-tunggu: makan siang! XD Kalau tidak salah kami disuguhi paket Nasi Ayam Rempah dari warunk Twogether, lengkap dengan segelas besar es teh manis. Kebetulan udah laper banget jadi tak perlu lama-lama, langsung ludes. 😀

Setelah kenyang, giliran nonton make up tutorial dari Jafra. Perempuan mah harus cantik kan, jadi harus bisa dandan. Menurut penjelasan Teh Fitri selaku ambassador Jafra Indonesia, Jafra sendiri merupakan singkatan dari Jan & Frank, nama pemiliknya. Produk ini ada sejak tahun 1965 asal California dan punya pabrik di Meksiko. Akan tetapi mulai dipasarkan di Indonesia baru mulai tahun 2013. Kenapa? Ya karena ngurusin perijinan dan sebagainya dulu donk, kan biar terjamin mutunya. Dan yup, Jafra juga sudah mengantongi sertifikat halal MUI.

Selfie cantik dulu…

Ada beberapa produk yang diperkenalkan sambil diaplikasikan ke beberapa peserta yang jadi relawan makeover, tapi saya keburu lieur, maklum cuma ngerti pelembab sama bedak aja. Hahaha. Lain kali belajar lagi ah, soal beginian. Huehue.. Eh, tapi yang penting saya nonton yang di-makeover dan memang jadi cantik dan pangling! Oke sip, perempuan emang harus ngerti make up. Huahaha.

Sesudah make up, main afdol kalau belajar soal jilbab juga. Selain ngasih gamis, Ethica juga ngasih tutorial jilbab. Dan gak tanggung-tanggung, jilbabnya boleh dibawa pulang oleh para peserta yang volunteer jadi modelnya. Aaaaaa….. Kalau dilihat-lihat model jilbabnya gak neko-neko dan gak terlalu rame alias simpel, warnanya juga lucu-lucu. Aaaaa… Jadi pengen kan?

Nah, setelah lengkap dan makin cantik semuanya, sesi Meet Up Blogger Muslimah BDG pun usai. Tetapi sebelum ditutup, ada bagi-abagi hadiah dulu donk. Alhamdulillah, saya kebagian juga. Ada voucher belanja dari JD.id, serta voucher dari salon Moz5. Uwww…idaman para perempuan banget deh, hahaha. Pas pulang juga kami dikasih oleh-oleh goodie bag kece dari White Bag (tapi warnanya item, haha). Dan masih ada beberapa voucher lagi di dalamnya, waah… Hatur nuhun pisan, Blogger Muslimah dan para pendukung acara! Asli gak nyesel ngumpul-ngumpul seru dan bermanfaat kayak begini. Ditunggu agenda lainnya yaaa…

Aku dan si teteh pakai baju kembaran. Udah kayak Upin-Ipin, belum?

Sampai jumpa di Meet Up berikutnya! 😉

Advertisements

6 thoughts on “Ngumpul Bareng Blogger Muslimah Bandung

  1. Nchie Hanie says:

    Hahhahaa…udah sembuh belom yang disunatnya? eehh..*ngakak

    Asli pangling loh Fafa, lama ga ketemu eh kita pake gamis. Senengnya acara Blogger Muslimah ini, banyak kejutan yang wow banget.
    Btw itu Upin Ipinnya cantik2 ihh,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s