Potensi Medical Tourism Indonesia di RS Melinda 2

Apa yang terbersit di benak kita saat mendengar kata pariwisata? Tentu yang bermunculan adalah hal-hal yang tak jauh dari jalan-jalan, liburan, seni, hiburan, pertunjukkan, serta kuliner atau makanan. Akan tetapi tahukah teman-teman bahwa pariwisata yang sedang berkembang di negara kita tak terbatas hanya dari aspek-aspek itu saja? Saya pun baru tahu bahwa kementrian pariwisata kita juga sedang mengembangkan pariwisata dari aspek medis atau yang disebut dengan Medical Tourism.

Medical Tourism memiliki arti perjalanan yang dilakukan seseorang ke luar negara tempat tinggalnya untuk mencari perawatan medis. Pasien yang melakukan medical tourism disebut medical tourist. (https://www.mutupelayanankesehatan.net/)

agileglobalhealthcom

source: agileglobalhealth.com

Pada press conference yang diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Desember 2017 di RS Melinda 2, Medical Tourism yang didukung penuh oleh RS Melinda 2 sendiri dikenalkan dengan konsep yang dekat, ramah, dan nyaman bagi masyarakat. Jika di sebagian besar RS kesan yang muncul adalah atmosfir dingin, serba polos, dan kaku, tidak begitu halnya di RS Melinda 2. Konsep Hostel & Art yang diusung RS Melinda 2 mengedepankan keindahan dan kenyamanan sebagai bagian dari proses penyembuhan (beauty as healing). Hal ini terkait kondisi psikologis pasien yang akan lebih cepat sembuh di lingkungan yang membuat dirinya rileks dan nyaman.

IMG20171212184537

Press Conference dari perwakilan Kemenpar, pihak RS Melinda 2, serta Miss dan Mrs. Tourism Ambassador

Di Indonesia, khususnya di kota Bandung, RS Melinda 2 merupakan salah satu contoh yang memenuhi kriteria sebagai Medical Tourism. Dari segi teknologi yang canggih, staff dokter ahli bersertifikat internasional, serta fasilitas yang memadai, RS Melinda 2 memberikan pelayanan yang lengkap dan juga cocok bagi turis internasional. Di RS Melinda terdapat layanan terapi dan traumatologi, bedah estetik dan ginekologi, serta program perawatan khus ibu dan anak, bahkan bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Selain itu fasilitas umum lainnya juga tersedia, seperti gymnasium, kids corner, cafetaria, bakery, dan kolam renang (selengkapnya bisa dilihat di: http://rsmelinda2.com/). Maka dari itulah RS Melinda 2 dipilih sebagai tempat syuting promosi presentasi Medical Tourism Indonesia oleh Miss Tourism Ambassador dan Miss World Peace Indonesia.

IMG20171212183912

Mrs. World Peace Indonesia dan Miss Tourism Ambassador

Kebetulan pada press conference tersebut Miss Tourism Ambassador dan Mrs. World Peace Indonesia ikut hadir dan dikenalkan kepada kawan-kawan media. Riana Puspita Dewi, S.Par sebagai Miss Tourism Ambassador Indonesia berhasil meraih gelar Miss Model, Top Miss Tourism Ambassador 2017, dan Top Best 6 National Costume. Kemudian Marsya Safira, SH.,M.Kn, Mrs. World Peace Indonesia juga berhasil meraih gelar Mrs. Culture World 2017 dan Mrs. Charity Ambassador 2017.

IMG20171212184327

Miss & Mrs. beserta keluarga

Seperti gelarnya, Miss dan Mrs., maka mereka juga memiliki kualifikasi yang berbeda. Untuk seorang Miss tentu harus merupakan perempuan single, di bawah 25 tahun. Sedangkan seorang Mrs. harus sudah berumah tangga dan memiliki anak, kalau tidak salah usianya tidak lebih dari 35 tahun. Khusus untuk Mrs. nantinya ia harus terlibat dalam kegiatan yang terkait dengan dukungan bagi kaum perempuan dan anak-anak. Saya kagum sama Mrs. Marsya yang dibalik kesibukannya itu, ia juga harus mengurus putrinya yang masih bayi. Memang supermom, ya!

Yang perlu diketahui bahwa ajang Miss dan Mrs. ini tidak sama seperti kebanyakan ajang kontes kecantikan atau beauty pageant yang cuma jual tampang dan lenggak-lenggok di catwalk saja. Di sini mereka menpunyai tugas untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan negara mereka, juga mengkampanyekan perdamaian, serta melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Cukup berat ya? Dan sekadar bocoran nih, Mrs. Marsya dan Miss Riana yang berhasil menyabet beberapa gelar tersebut sebelumnya tak punya pengalaman di kontes-kontes serupa sama sekali. Wah, salut! Ke depannya Mrs. Marsya dan Miss Riana juga akan mendukung kegiatan-kegiatan di RS Melinda 2 terkait promosi dan kampanya perkembangan Medical Tourism Indonesia supaya lebih dikenal masyarakat dan memberikan layanan yang lebih baik.

WhatsApp-Image-2017-12-06-at-11.07.53-1

source: rsmelinda2.com

Salah satu agenda yang telah direncanakan adalah pelaksanaan Melinda Festival 2018. Festival ini tentunya tidak sama dengan festival-festival yang ada di luar sana. Acara ini merupakan festival untuk keluarga agar mengetahui tentang kesehatan dan mengenalkan, serta mengembangkan Medical Tourism. Konsep acara untuk keluarga sengaja dipilih supaya masyarakat dapat membangun sebuah budaya dan hidup yang sehat, yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga. Selain itu akan dicari pula anak-anak berbakat yang akan menjadi model atau teladan pola hidup sehat.

Sebenarnya Medical Tourism ini tidak berdiri sendiri, melainkan suatu kesatuan atau rangkaian dengan aspek pariwisata lainnya. Ketika sesorang medical tourist datang ke Indonesia, contohnya ke Bandung untuk mendapatkan perawatan di RS Melinda 2, maka otomatis dia akan tinggal sementara selama berjalannya prosedur perawatan. Dalam masa itu, tentu saja pihak RS juga harus menyiapkan sarana dan prasarana semaksimal mungkin bagi si pasien. Dan kembali lagi ke konsep medical tourism yang tak semata sebagai proses berobat, tapi juga bagian wisata atau liburan, maka tentu saja persiapan aspek-aspek seperti transportasi, hotel, hingga hal-hal terkait pengalaman lain seperti atmosfer lingkungan dan budaya setempat akan memberikan sumbangan pemasukan ekonomi bagi pariwisata negara.

Nah, jadi Medical Tourism juga penting kan? Tak sabar jadinya untuk ikut meramaikan Melinda Festival 2018 nanti, biar tahu lebih banyak tentang ilmu pola hidup sehat. Sukses terus buat RS Melinda 2, juga Miss Riana dan Mrs. Marsya yang berjuang mempromosikan pariwisata Indonesia!


*Oleh-oleh: berkesempatan foto bareng Miss & Mrs. yang cantik-cantik. Maafkan jomplang banget pemandangannya. T_T

IMG20171212193236-horz

Serasa jadi kurcaci 😥

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s