Ngobrol Seru Tentang Perempuan dan Rahasia Keluarga Harmonis di HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik Kota Bandung

“Karena wanita ingin dimengerti, lewat tutur lembut dan laku agung…”

Masih ingat petikan lagu jadul dari Ada Band di atas? Well, bagi generasi 90-an kayak saya sih mungkin masih, ya. Secara itu lagu hits banget dan sering diputar berkali-kali di radio maupun tv. Mungkin karena judul lagunya “Karena Wanita Ingin Dimengerti”, banyak sekali fangirl-fangirl yang mengelu-elukan lagu ini, serasa bahwa ini lagu emang “gue banget”. Iyalah, perempuan mana yang tak mau dimengerti coba? Sebagai mahluk yang katanya super rumit sekaligus menjadi simbol keindahan dan perhiasan dunia, perempuan memang perlu perhatian khusus. Eh, tapi bukan berarti cuma diperhatikan dan dimengerti oleh para lelaki saja ya. Kita selaku perempuan pun berhak dan wajib tahu soal diri dan tubuh kita sendiri.

Nah, biar tahu lebih banyak soal perempuan, pertengahan Desember lalu saya ikutan #HIJUPbloggersmeetup X Arisan Resik Kota Bandung. Acara yang bertempat di Morning Glory Cafe Mitra Hotel Rooftop ini mengupas hal tentang bagaimana menjaga tubuh perempuan, sekaligus menjaga keharmonisan keluarga. Eaaaa. Saya emang belum berkeluarga sih, tapi ya gak apa-apa, kan siap-siap hehehe..

IMG20171214133331

Continue reading

Advertisements

Potensi Medical Tourism Indonesia di RS Melinda 2

Apa yang terbersit di benak kita saat mendengar kata pariwisata? Tentu yang bermunculan adalah hal-hal yang tak jauh dari jalan-jalan, liburan, seni, hiburan, pertunjukkan, serta kuliner atau makanan. Akan tetapi tahukah teman-teman bahwa pariwisata yang sedang berkembang di negara kita tak terbatas hanya dari aspek-aspek itu saja? Saya pun baru tahu bahwa kementrian pariwisata kita juga sedang mengembangkan pariwisata dari aspek medis atau yang disebut dengan Medical Tourism.

Medical Tourism memiliki arti perjalanan yang dilakukan seseorang ke luar negara tempat tinggalnya untuk mencari perawatan medis. Pasien yang melakukan medical tourism disebut medical tourist. (https://www.mutupelayanankesehatan.net/)

agileglobalhealthcom

source: agileglobalhealth.com

Pada press conference yang diselenggarakan pada hari Selasa, 12 Desember 2017 di RS Melinda 2, Medical Tourism yang didukung penuh oleh RS Melinda 2 sendiri dikenalkan dengan konsep yang dekat, ramah, dan nyaman bagi masyarakat. Jika di sebagian besar RS kesan yang muncul adalah atmosfir dingin, serba polos, dan kaku, tidak begitu halnya di RS Melinda 2. Continue reading

Menikmati Alam dan Budaya Sunda di Kebon Awi Kaffee

Daya tarik Bandung sebagai kota wisata memang sudah tak asing lagi. Setiap akhir pekan, pemandangan jalanan kota Bandung yang padat dengan kendaraan dari dalam maupun luar kota dapat kita saksikan sebagai buktinya. Akan tetapi semakin ramai Bandung, semakin banyak pula yang berubah dari tatanan kota kembang ini. Banyaknya turis membuka peluang bisnis yang menjanjikan, sehingga ada banyak bangunan-bangunan baru didirikan. Kalau kita perhatikan, area-area wisata yang sering dikunjungi turis justru semakin marak dengan tempat-tempat seperti kafe atau restoran yang menawarkan hidangan barat, mall, bioskop, butik, dan sebagainya. Lantas, apa bedanya Bandung yang sekarang dengan kota-kota besar lainnya? Tapi rupanya ada pula sebuah tempat di kota Bandung yang menawarkan kita untuk berwisata dan bernostalgia ke Bandung masa lalu, tanah parahyangan yang tenang dan sejuk yang kental dengan tradisi kebudayaan kasundaan-nya. Tempat itu ialah #KebonAwiKaffee .

IMG20171104101422 Continue reading

Tak Ada Sastra Hari Ini

source: pexels.com

Sepertinya hari ini adem ayem saja. Lini masa dipenuhi postingan-postingan keseharian seperti biasa. Tak terlihat gambar-gambar bak kartu ucapan sebagai bentuk peringatan atau perayaan apa pun. Tak ada pula kutipan-kutipan buku atau penulis.

Saya dengar sejak 2013 lalu pemerintah telah resmi menetapkan tanggal 3 Juli  sebagai Hari Sastra Nasional. Penetapan ini berdasarkan tanggal lahir Abdul Moeis,  penulis novel Salah Asuhan. Tapi  saya dengar pula banyak polemik mengenai ini. Continue reading

Yang Layak Viral Dari Beauty and The Beast

(Source: IMDb.com)

Setelah beberapa pekan bertengger di layar bioskop, film Beauty and the Beast (BaTB) akhirnya turun layar juga. Pada waktu awal rilisnya, sempat ramai kabar soal wacana pemboikotan film ini oleh sebagian pihak. Kabarnya sih, karena BatB ini menyisipkan unsur LGBT. Sosial media pun ramai oleh peringatan untuk tidak menonton film ini, terutama bagi anak-anak.

Continue reading

Mengintip Dunia Sukab Bersama SGA

csng03hukaaxh1s-jpg-largeBagi yang memperhatikan dunia sastra Indonesia, nama Seno Gumira Ajidarma (SGA) tentu sudah tidak asing terdengar. Tulisan-tulisan beliau sudah sangat sering berseliweran di koran-koran nasional. Cerpen dan essaynya sangat khas dengan tokoh bernama Sukab.  Dalam rangkaian acara Pekan Literasi Kebangsaan yang bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, tepatnya pada hari Selasa, 06 Desember 2016, SGA berbagi kisah tentang kumpulan cerpennya dari periode tahun (1985-2014) yang berjudul Dunia Sukab. Continue reading

Wisata Ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Apa sih yang membuat seseorang tertarik untuk mengunjungi sebuah tempat? Pemandangannya? Suasananya? Ragam budayanya? Di balik semua keindahan dan keunikan tersebut, tentu saja kita juga akan mempertimbangkan soal kenyamanan serta pelayanan yang ada.

sam_1243
Yup, dunia pariwisata memang membutuhkan strategi untuk menarik pengunjung, seperti bisnis lainnya. Hospitality atau keramahtamahan merupakan hal yang krusial dalam hal ini. Berhubung Indonesia punya potensi wisata yang tidak akan ada habis-habisnya, pembekalan mengenai hospitality tentu sangat dibutuhkan untuk mengembangkan minat dan kualitas pariwisata. Sayangnya, pendidikan hospitality tampaknya masih dinomor sekian-kan oleh kebanyakan orang. Biasalah, yang keren itu ya katanya pendidikan eksak. Padahal orang-orang eksak banyak yang gak ramah, gak asik, pada serius semua! Ujung-ujungnya mereka butuh piknik. Hehehe…

Nah, biar tahu betapa kerennya bidang pariwisata itu, yuk kita intip salah satu dari segelintir sekolah pariwisata di Indonesia! Beberapa waktu yang lalu kebetulan saya dan teman-teman blogger diundang untuk keliling Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung atau STPB (dulu dikenal sebagai Enhaai). Ada apa aja sih di dalamnya? Continue reading