Paket Makan Komplit di Sofa CCR

img20170209131227

Mau makan di luar sambil nongkrong bareng temen, tapi tanggal udah tua. Mau bikin acara, tapi budget konsumsi minim. Yang satu pengennya ngopi-ngopi, yang satu pengennya makan berat. Hhh…bingung juga ya. Apalagi pas ditanya mau makan apa dan dimana, jawabannya malah “terserah”. Oke, kalau situasinya seperti itu, langsung aja meluncur ke Sofa Coffee, Cake & Resto (CCR). Kenapa?
Karena… Continue reading

Advertisements

Kreatif Itu Asyik: Corat-Coret, Juhat-Jahit dan Ide Kelulusan SMA yang Unik

Setiap momen kelulusan SMA, pasti ada aja yang suka corat-coret seragam pakai cat pylox atau spidol warna-warni. Banyak yang mengecam aksi ini, karena hanya dianggap euforia dan selebrasi sesaat yang tak begitu bermanfaat. Daripada rame-rame saling ngotorin seragam pakai tandatangan, ucapan perpisahan dan nama-nama genk yang suka mangkal di kantin sekolahan gak jelas kayak gitu, mending sujud syukur, sungkem sama guru, kepsek dan orangtua, terus sumbangin deh seragamnya buat adik kelas yang membutuhkan. Jreengg, lalu jadilah anak yang berbakti pada nusa dan bangsa!

Eh, tapi emang harus banget kayak gitu? Meski cuma selebrasi, lulus SMA juga kan cuma sekali seumur hidup? Gak boleh ya, mengekspresikan kebahagiaan lewat corat-coret baju? Seragam juga punya kita, terserah kita donk mau diapa-apain juga.

Hm… oke, oke. Jangan tawuran, plis.

Jadi ya, pertama-pertama saya mau berbagi cerita buat adek-adek SMA dan juga para orangtua atau guru yang anti vandalisme macam itu. Siapa tahu kalian jadi terinspirasi hehe.  Continue reading

Review: Lelaki Harimau

Lelaki Harimau
Lelaki Harimau by Eka Kurniawan

My rating: 5 of 5 stars

 

Tak seorang pun pernah mendengar seseorang membunuh dengan cara seprimitif itu. Ada dua belas pembunuhan yang mereka kenal sepanjang sejarah kota, dan mereka mempergunakan golok atau pedang. Tak ada pistol, tak ada keris, apalagi gigitan. (…)
Pikiran itu datang sekonyong-konyong, semacam wahyu cemerlang yang meletup di otaknya. Ia bilang ada isi di dalam tubuhnya, sesuatu yang tak sekadar jeroan usus, yang menggelosor keluar dan dan menggerakkan seluruh raganya, mengendalikannya dan mengajak dirinya membunuh Anwar Sadat. (…)
“Bukan aku,” kata Margio tenang dan tanpa dosa. “Ada harimau di dalam tubuhku.”

Bercerita tentang kehidupan masyarakat pinggiran, tersebutlah Margio, seorang pemuda baik, namun pemurung. Suatu hari ia dipergoki berlumuran darah, namun tak terluka. Malah, ditemukan mayat Anwar Sadat terkapar dengan leher hampir putus. Beberapa hari sebelumnya, Margio baru saja ditinggal mati Komar bin Syueb, lelaki yang amat dibenci Margio yang juga merupakan ayahnya sendiri. Ia bergembira dengan berita kematian itu. Kini ia, ibu beserta adiknya bisa hidup dengan damai. Lantas, apa yang kemudian menyebabkannya melakukan pembunuhan sadis, terlebih pada ayah gadis yang disukainya itu? Continue reading

Mengintip Dunia Sukab Bersama SGA

csng03hukaaxh1s-jpg-largeBagi yang memperhatikan dunia sastra Indonesia, nama Seno Gumira Ajidarma (SGA) tentu sudah tidak asing terdengar. Tulisan-tulisan beliau sudah sangat sering berseliweran di koran-koran nasional. Cerpen dan essaynya sangat khas dengan tokoh bernama Sukab.  Dalam rangkaian acara Pekan Literasi Kebangsaan yang bertempat di Gedung Indonesia Menggugat, tepatnya pada hari Selasa, 06 Desember 2016, SGA berbagi kisah tentang kumpulan cerpennya dari periode tahun (1985-2014) yang berjudul Dunia Sukab. Continue reading

Flashback 2016 : Menoleh Kembali

2017 Calender on the red cubes

2017 Calender on the red cubes

Selamat tahun baru! Ini adalah postingan pertama di tahun 2017. Yeay! Di awal tahun, orang berbondong-bondong menulis resolusi. Pasalnya, tahun baru = harapan dan mimpi-mimpi baru. Akan tetapi, saya tidak akan menulis resolusi di sini. Malahan, saya mau bernostalgia, mengenang kembali momen-momen di tahun 2016. Kenapa? Gak bisa move on? Plis, deh…

Seperti kata bapak proklamator kita, “JAS MERAH. Jangan sekali-sekali melupakan sejarah!” Seperti itu saya percaya bahwa masa-masa yang telah lalu berfungsi seperti kaca spion yang perlu sesekali kita tengok demi mencapai tujuan di depan dengan lancar dan selamat. Nah, dengan menyadari hal-hal apa saja yang telah kita alami di tahun sebelumnya, bisa menjadi pelajaran dan monitor untuk mendapatkan target kita di tahun selanjutnya. Continue reading

Menu Baru Menjelang Tahun Baru dari Sauté Family Resto

Tak terasa, 2017 tinggal menghitung hari. Sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut tahun baru? Resolusi baru? Mimpi baru? Baju baru? Gadget baru? Atau…*ehem* kekasih baru? Yah, apapun itu, semoga saja kita semua mendapat berkah dan menjadi lebih baik baik dari tahun-tahun sebelumnya. Nah, menjelang tahun baru, ada yang baru juga lho dari Sauté Family Resto. Mulai besok, tanggal 16 Desember 2016 Sauté secara resmi akan merilis beberapa hidangan ke dalam menunya. Wah, apa saja sih kira-kira?

sam_2046 Continue reading

Review: Surga Sungsang: Buku Cerita

Surga Sungsang: Buku Cerita
Surga Sungsang: Buku Cerita by Triyanto Triwikromo

My rating: 3 of 5 stars

Membaca buku ini memang membuat pikiran sungsang. Unsur puisi, legenda, spiritual, sejarah, essai dan realitas sosial berkumpul, berembuk dalam sebuah fiksi yang ajaib dan “tidak normal”. Tapi memang sampai kapan kita mau bermanja-manja dengan bacaan yang “normal” sementara dunia saja sudah lama pudar kewarasannya? Memahami kenyataan yang terjadi di sosial masyarakat kita, tak akan berhasil jika kita tidak mau ikut mengintip ke bagian gelap itu. Intrik dan konflik yang disajikan dalam cerita-cerita di buku ini sejatinya adalah refleksi, hanya saja dibuat semenakjubkan mungkin. Maka hal itulah yang mungkin membuat pusing kebanyakan pembaca awam (termasuk saya sendiri), sebab sang penulis buku ini imajinasinya bak tanaman rambat yang lupa dibabat. Liar! Juga bikin lieur! Continue reading